Cara Pasang Embed MP3 Lagu Kita Sendiri Di Blog

AutoPlay MP3 Rawa Mbojo! 

Contoh penulisan embed lagu diatas memakai link di 4sharedse perti ini:











 Contoh penulisan embed video sendiri menggunakan MixPod dan hasilnya akan seperti bawah ini



MusicPlaylistView Profile

Lebih lengkap silakan baca langkah-langkahnya dibawah ini :

Create a playlist at MixPod.com Mungkin sudah banyak artikel seperti ini, tapi tidak ada salahnya kalau berbagi pengalaman kepada teman-teman blogger yang belum tahu. Awalnya saya sendiri bingung mau pasang album mp3 sendiri di blog tapi sebelum-sebelunya kesusahan, kebanyakan awalnya saya cari-cari di mbah google dan banyak sekali yang memposting tentang cara pasang mp3 di blog tapi tidak sesuai dengan harapan dari referensi yang saya dapat kalau memasang dari http://divine-music.info maka yang ada rasa kebosanan karena setiap kali kita berpindah halaman atau pun reload di blog yang dipasang lagu background di sini akan berulang-ulang terus dan itu pun hanya satu lagu dan tidak bisa men-stop atau pause karena bersifat backgroun. Sedangkan kalau dari http://musik-live.net maka kita hanya tidak ada pilihan untuk menentukan daftar lagu mana saja yang mau dipasang karena kita sudah diberikan kode script embednya dan secara otomatis kalau kita sudah menerapkan di widget blog kita yang ada mau-tak-mau kita harus menerima lagu-lagu yang diberikan dari website tersebut di list-nya, kalau lagu-lagunya ada yang bagus dan kebetulan favorit mungkin tidak masalah tapi kalau tidak sesuai selera mungkin jadi tidak diharapkan. Kemudaian ada lagi di pilihan http://4shared.com di sini adalah sesuai selera lagu mana yang mau dipasang di blog, tapi kekurangannya adalah cara menambahkan list lagu ke widget blog adalah satu per satu walau pun dapat dikombinasikan dalam 1 widget dengan menggabungkan embed kode script nya, tapi akan terlalu banyak makan tempat kalau memasang 100 lagu lebih misalnya. Dari ketidak-puasan saya dari tiga pilihan tersebut kemudian teringat playlist mp3 player yang dulu pernah dipasang di facebook, yaitu dari mixpod.

Mixpod merupakan website yang menyediakan layanan dibidang musik baik jenis audio atau video, jenis audio yang terkenal adalah format mp3 karena tidak terlalu memakan bandwidth yang besar untuk memutar secara online dibandingkan jenis video dari berbagai format. Pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan dulu di website tersebut, lihat gambar halaman muka dari mixpod.


silahkan klik SIGN UP untuk memulai pendaftaran 


Isi semua data-data yang diminta pada form pendaftaran. Di sini juga ada pilihan untuk masuk (sign in) dengan akun facebook. 

Setelah selesai pendaftaran langsung saja sign in/masuk dengan akun yang di daftarkan tadi. Kemudian untuk memulai menerapkan lagu-lagu yang ingin di play di playlist harus membuat dulu playlist-nya. Klik Create Playlist pada pilihan toolbar dan akan tampil playlist di samping kanan seperti gambar di bawah.

tampilan menu create playlist di mixpod 

Pada tahapan ini bisa di pilihkan untuk memutar lagu-lagu yang ada di samping kiri dengan meg-klik tanda segitiga, atau untuk menambahkan langsung ke playslist kalau memang sudah selera. Jika untuk memasang lagu-lagu yang ingin ditambahkan sesuai selera langkah-langkahnya adalah:

Pilih Add URL, maksudnya adalah kita menambahkan lagu dengan cara memasukkan alamat URL tempat lagu itu disimpan. Misalnya mau menambahkan lagu dari Jie Rap yang berjudul Tanah air ku, cari saja di http://4shared.com, indowebster, atau cari lewat google, dan lebih baik memilih server/hosting lokal supaya tidak terjadi buffering yang lama pada saat memutar lagu.


Ketikan kata kunci "Nama band / judul lagu" pada Pencarian untuk menemukan yang diinginkan 


Hasil dari pencarian lagu 

Penting!!! Perlu diingat bahwa format file URL disini mp3.

Dulu waktu saya buat, alamat URL mp3 tersedia tapi mungkin akan terjadi perubahan seperti pada gambar di atas alamat URL bukan dalam format mp3 tapi html, jadi ini akan ditolak oleh mixpod. Trik yang digunakan untuk mendapatkan URL dalam mp3 adalah menggunakan software IDM (Internet Download Manager), tentunya sudah familiar dengan software ini. Kalau belum terinstal dikomputer anda silahkan download IDM 6.05 saya sertakan berisi serialnya. Jika sudah terinstal maka hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah.


Pada gambar di atas yang ditunjukkan dengan no.1 klik saja icon IDM maka akan muncul seperti yang ditunjukkan pada no.2, sehingga URL yang didapatkan berformat mp3, lihat bagian yang disorot berwarna biru. Atau juga contoh lain dari indowebster adalah;


Lalu bagaimana kalau tidak muncul seperti gambar di atas, lihat hasil di bawah;


Solusi lainnya mencoba di 4shared untuk mencari lagu yang diinginkan, tapi jika tidak ada juga maka ada pepatah bilang "banyak jalan menuju roma". Lagu yang favorit mungkin anda suka tapi tidak bisa dipasang, syaratnya anda harus mengupload dulu lagu itu ke indowebster atau 4shared dan jika belum bisa juga coba cara seperti yang saya berikan. Yaitu dengan mengunjungi situshttp://www.zshare.net ini merupakan situs memberikan layanan upload file seperti audio, video, gambar dan lainnya.


Masukkan file di komputer untuk mengupload, klik Share it untuk memulai 


Proses Uploading......... 


Setelah uploading selesai, maka hasilnya akan muncul seperti gambar di atas. Jika ingin mengirimkan link tersebut ke email maka masukkan saja email ke kotak yang ditunjukkan. Seperti gambar di atas untuk memulai download klik saja link yang ditunjuk oleh anak panah merah. 


Dengan menggunakan IDM maka akan tampil seperti di atas, copy saja alamat URL tersebut dan kemudian simpan di notepad atau langsung paste-kan saja di mixpod, dan cancel saja proses downloadnya. 

Selamat!! anda sudah mendapatkan alamat URL mp3. Sekarang tinggal menyalin di mixpod!! Sekarang masuk lagi ke mixpod lagi.


Menyalin alamat URL, lihat format URL adalah mp3 seperti gambar di atas yang disorot dan ditunjukkan oleh anak panah merah. Masukan juga nama penyanyi dan judul lagu dan klik AddTrack untuk memasukkan ke dalam list/daftar. Untuk hasilnya dicoba play dulu untuk keberhasilan dalam pemasangan list song tersebut. 


anda juga dapat mengkostumisasi playlist pada skin, warna, dan setting lagu. 


Settingan pada costomize, pilih autoplay untuk secara otomatis lagu akan play. Shuffle berfungsi untuk memutar/play lagu secara acak secara otomatis. 


Pada pilihan Save Playlist, masukkan nama playlist dan deskripsinya dan chek genre musiknya. Klik Save (get code) untuk menyimpan dan utuk mendapatkan kode script untuk dipasang di blog/website. 


pilih clik here untuk mendapatkan kode script, atau mungkin ingin meg-share ke facebook atau twitter. 


Kemudian akan masuk ke tampilan seperti gambar di atas, pilih blog untuk user blogger/blogspot atau kalau user wordpress pilih othersite. Jika sudah punya album lagu di mixpod sebelumnya anda tinggal pilih menu Save Playlist pada toolbar My Playlist dan kemudian akan muncul album anda dan pilih saja Get Code dan akan muncul gambar seperti di atas. 

Sekarang anda sudah meng-copy kode scriptnya dan selanjutnya menyalin di widget blog anda. Masuk ke blog, pilih dasboard > rancangan/design> add gadget> pilih HTML/Java Script> paste kan/terapkan kode tersebut pada kotak content, judul boleh diisi dan boleh dikosongkan.


Lihat bagian yang disorot itu adalah ukuran widget, anda boleh mengubah ukuran width (lebar) dan height (tinggi) sesuai template blog, jika terlalu besar diharapkan mengubahnya karena akan memakan tempat dan dipandang kurang pas. 
Setelah menyimpan maka kembali lagi ke blog untuk melihat hasilnya;


Tampilan mixpod playlist di blog 

Sekarang anda sudah mempunyai album/koleksi lagu-lagu yang favorit untuk diputar di blog, dan untuk referensi lagu lain silahkan kunjungi website http://www.kohit.net,http://www.beemp3.com, semoga bermanfaat uraian yang saya berikan,terima kasih.