BATU CINCIN YANG LAGI NGETREN SAAT INI


Hasil bumi dan tambang yang melimpah, membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai batu mulia terbaik di kelasnya. Hal tersebut bisa dilihat dari harga yang ditawarkan dari sebuah batu mulia tersebut yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Nilai jual batu mulia ini terlihat dari keindahan batu mulia yang terpancar dari warnanya, bentuk dan kemampuannya memantulkan sinar.

Batu mulia, meskipun bukan barang baru, aksesoris yang pada umumnya menghiasi jari jemari sebagai cincin ini, yang dulu biasanya hanya identik dengan orang tua, namun sekarang menjadi tren di kalangan anak muda dan menjadi kebagaan tersendiri.

Aneka ragam jenis batu dan Soal harga tidak main-main, ada yang puluhan ribu bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Tergantung tingkat kesulitan dalam mendesain dan jenis batu itu sendiri.

Yang percaya, konon katanya, memakai cincin dengan jenis batu tertentu bukan saja berfungsi sebagai hiasan tangan belaka melainkan sebagai jimat hingga menambah kepercayaan diri bagi sang pemakainya.

Beberapa pejabat Indonesia juga terlihat memakai batu cincin, Di beberapa kesempatan misalnya, Almarhum Presiden Soeharto juga Presiden SBY dan pejabat lainnya sempat tertangkap kamera menggunakan batu cincin.

Berbagai batu mulia yang disematkan pada perhiasan dibedakan dari jenis batu mulia sesuai minat dari pemakai. Sebagian kita mungkin hanya mengenal sedikit tentang macam-macam batu mulia, padahal di Indonesia beragam jenis batu mulia yang dihasilkan dan tentu saja ahli perbatuan yang bisa membedakan kwalitas dari batu itu sendiri.

Batu mulia dengan kualitas terbaik bisa menembus harga yang tinggi dan fantastis, sehingga tidak heran, banyak para peminatnya yang berusaha mendapatkannya. Berikut ini kami sajikan 10 batu mulia dengan kwalitas terbaik.

Jenis - Jenis Batu Mulia

Peminat batu mulia di Indonesia merupakan salah satu jenis pangsa pasar yang potensial. Sebagai negara yang banyak menghasilkan hasil tambang terbaik di kelasnya. Ada beberapa jenis batu yang bagi orang awam pasti akan susah membedakan karena sepintas hampir sama tapi beda, untuk itu kami coba kupas 10 batu terpaforit seperti berikut :

1. Batu Berlian



Berlian tidak hanya cocok dikenakan pada perhiasan namun perhiasan yang disematkan batu berlian memiliki nilai jual yang sangat tinggi yang juga melambangkan kemewahan yang membuat batu berlian banyak diminati.

2. Batu Safir





Batu safir merupakan jenis batu cincin yang paling diminati dan sudah tidak asing di Indonesia. Batu safir dipercaya memancarkan aura untuk mengembangkan daya pikir baru yang menggambarkan kekekalan. Beberapa jenis bati safir pada perhiasaan seperti blue saphirre, yellow sapphire, black shappire dan burma shappire.

3. Batu Akik



Jenis batu mulia ini banyak digunakan pada perhiasan cincin untuk pria yaitu batu akik. Jenis batu akik tersebar di seluruh Indonesia yang berasal dari mikro kristal kuarsa dengan kehalusan dan tingkat kecerahan warnanya. Keistimewaan batu akik terletak pada makna yang terkandung pada khasiat batu akik tersebut.

4. Batu Zamrud


Warna batu kehijauan yang melambangkan zamrud khatulistiwa ini cukup terkenal dan diminati hingga mancanegara. Batu zamrud memang secara pembentukan berwarna hijau yang menggambarkan kemakmuran dan keanggunan pada yang memakainya.

5. Batu Aquamarine


Warta batu aquamarine terkenal dengan seperti batu biru laut yang sangat indah. Jenis batu mulia ini sedikit berbeda karena tidak tahan terhadap panas, dan bila dipanaskan terlalu tinggi warna biru lautnya akan menghilang. Batu ini memberikan gambaran kasih sayang, tapi jika anda ingin membeli batu mulia ini, bentuk batu topaz juga bisa terlihat mirip dengan batu aquamarine ini.

6. Batu Topaz


Sekilas hampir mirip dengan batu aquamarine namun mempunyai kualitas di bawah batu akuamarine, sehingga banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual batu topaz sebagai batu akuamarine. Perbedaannya terletak dari asal batu topaz dari arthorhombic sedangkan akuamarine berasal dari kristal heksagonal. Untuk membedakan batu topaz dengan aquamarine bisa dilihat dari refraksi topaz yang lebih kuat dan tingkat kekerasan yang berbeda.

7. Batu Ruby


Banyak digunakan oleh para pria yang menggambarkan keberanian dan kekuatan si pemakai. Batu ruby yang banyak di pakai, biasanya berwarna merah dengan bentuk umumnya round atau oval.

8. Batu Tourmaline





Berbeda dengan jenis batu yang memiliki banyak gradasi warna, batu tourmaline hanya memiliki satu jenis warna, batu ini pada umumnya mempunyai bentuk gradasi warna yang indah dan mewah dengan gabungan merah dan hijau.

9. Batu Kalimaya / Opal




Jenis batu yang tergolong paling banyak peminatnya di Indonesia karena meskipun tergolong jenis batu mulia yang mahal namun batu ini tetap banyak diminati. Ciri-ciri batu kalimaya terlihat dari bentuknya yang unik dan juga bercita rasa tinggi.

10. Batu Amethyst


Batu Amethyst (kecubung) termasuk jenis batu mulia yang banyak diminati oleh orang Indonesia yang khususnya bagi para wanita karena batu ini berwarna ungu yang menawan dan melambangkan keanggunan.