Bus Super Pertama Didunia



Ini adalah bus pertama super di dunia, dirancang Di Negera Belanda oleh astronot dan ahli Formula Satu mantan aerodinamis, di mana kendaraan ini khusus dikembangkan untuk Negara Timur Tengah, Kendaraan ini menampung 23 penumpang dan memiliki kecepatan tertinggi 155mph (250kmh), bertenaga listrik dan menghabiskan biaya sekitar £ 7million. 

Bus hi-tech :  berarti dia akan dapat menyelesaikan perjalanan 75 mil dari Dubai ke tetangga Abu Dhabi di bawah 30 menit. Terbuat dari bahan ringan termasuk aluminium, serat karbon, fiberglass dan polycarbonate, panjangnya 49ft (15 meter), 8ft lebar (2,5 meter) dan 5ft 5in tinggi (1,65 meter).

Penumpang akan dapat menikmati kenyamanan setara dengan jet mewah limusin atau, memiliki delapan gullwing pintu di setiap sisi untuk memungkinkan penumpang bisa keluar dengan cepat.

Kendaraan ini dikembangkan di Universitas Teknologi Delft Belanda di bawah arahan Ockels Profesor Wubbo yang pada tahun 1985 menjadi pelatih asal Belanda pertama dalam ruang ketika ia menjadi bagian dari tim di papan tulis ruang antar-jemput.

Proyek ini didukung oleh pemerintah Belanda, Perusahaan kimia Amerika Dow dan konglomerat terkaya SABIC Arab Saudi.


Bus Super ini dikembangkan oleh pakar astronot & Formula aerodinamis


Hasil test drive yang telah dilakukan di Timur Tengah, Kendaraa ini telah lulus dari bus rata-rata

Pemilik Kendaraan adalah seorang syeh kaya raya berencana untuk melakukan perjalanan di jalan normal dan dengan kecepatan normal di wilayah padang pasir dengan kursi penumpang yang terisi penuh baik penumpang dari Abu Dhabi atau Dubai.

Adapun spesifkasi mobil ini sebagai berikut :
  • Length: 49ft (15 meter)
  • Tinggi: 5ft 5in (1,65 meter)
  • Breadth: 8ft (2 meter)
  • Top speed : 155mph (250kmh)
  • Duduk: 23
  • Biaya: £ 7.000.000
  • Proyek desainer Antonia Terzi, mantan kepala ahli aerodinamika tim Williams BMW F1.

Antonia Terzi mengatakan : Kendaraan ini  akan melaju seperti sebuah mobil biasa, dan berkat dua roda belakang yang sudah diset sedemikian rupa akan memudahkan bermanuver di sekitar sudut jalan.

Ms Terzi mengatakan : Para penumpang yang ingin merasakan perjalanan dengan kendaraan ini dapat mem-booking online, telpon atau sms, maka armada bus akan menjemput mereka dan siap mengantarkan mereka kemanapun mereka inginkan. 

Kepala polisi lalu Lintas Abu Dhabi Brigjen Hussein al Harethi berkata: Kendaraan bertenaga listrik  ini tidak hanya mengurangi kemacetan lalu lintas tetapi mengurangi polusi udara. ini adalah metode transportasi dari hari ini dan kami ingin agar diproduksi lebih banyak lagi.

Direktur Transport Authority Dubai " Younes Parham " menambahkan: Ini adalah ide yang brilian, karena kendaraan ini bukan hanya sebagai kendaraan angkutan umum tetapi akan menjadi pendorong besar bagi bisnis pariwisata Di Timur Tengah.




Sumber :