TEKHNIS DASAR BELAJAR EDIT FOTO DENGAN HOTOSHOP

Mengganti Wajah

Kali ni kita akan membuat manipulasi foto Orang Terkenal, Osama bin laden pasti kalian semua udah pernah mendengar bahkan dah pernah kenalan sama itu orang, yap benar sekali dia itu adalah Burunan no 1 yang diburu Amerika serikat. Pasti seru jika kita membuat foto teman atau orang terdekat kita seperti orang diatas. Pasti FBI atau CIA akan memburunya ha .. ha … ha ….hanya bercanda

Langkah - Langkahnya dengan Photoshop :

1.Siapkan Foto yang akan kita manipulasi dan seleksi foto hanya bagian kepalanya saja !!! dan letakkan hasil seleksi di foto osama.
* Untuk cara menyeleksi terserah anda menggunakan tool apa saja, disini saya menggunakan opsi path !!jika ukuran foto berbeda, maka sesuaikan foto kepala dengan ukuran kepalanya osama.
2.Samakan warna foto kepala dengan foto osama !
cerahkan foto dengan LEVEL (Ctrl+L)


Menyamakan warna foto Kepala menggunakan COLOR BALANCE
 
3. Menempelkan/ menempatkan foto kepala !
Kita GANDAKAN LAYER ( CTRL+J ) foto osama dan beri nama mask. Dan letakkan layer mask di atas layer 1 (gambar kepala). Dan tempatkan foto kepala (layer 1) dikepala osama dan kita hidden (sembunykan layer mask ). Setelah posisi kepala sudah pas kita munculkan kembali layer mask.
Langkah selanjutnya kita hapus hanya bagian wajah layer mask dengan opsi Erase (E).
Setelah itu apabila warna kurang sesuai kita samakan lagi sehingga warna semakin menyatu. Untuk cara nya masih sama dengan cara diatas (no.02).


 
4.Menambah janggut

Kita gunakan CLONE STAMP TOOL (S) u/ memanjangkan janggut sampai di bawah mulut ..
Penggunaan Clone Tool Sudah disinggung di kategori Photoshop Dasar


5.Selesai deh, dan untuk pengaturan warna dan posisi apabila masih kurang pas lakukan penyesuaian dan tambahkan sedikit variasi tulisan atau VARIASI LAIN terserah anda !!
Semoga bermanfaat, terima kasih Osaman bin Lade, telah meminjamkan fotonya
======================================================================

Mengganti Baground Foto

Kita coba ganti baground, kita pinjam dulu fotonya si Imut nan cantik jelita ini




Oke..... biar si Imut ndak masuk angin, mari kita bersama-sama mengupas cara merubah background photo tersebut.

1. Buka foto pemandangan sebagai background dan foto si"Imut" yang akan kita rubah. contoh gambar pemandangan Air terjun




2. Pada gambar si "Imut", klik Polygonal Lasso Tool (L) pada Toolbar, kemudian crop gambar si Imut. Setelah itu tekan Ctrl - X untuk memisahkan gambar si Imut dari backgroungnya.




3. Kemudian pada jendela air terjun, tekan Ctrl-V untuk mempaste gambar si Imut. Atur dan sesuaikan besar kecilnya gambar si Imut dengan background air terjun dengan cara tekan Ctrl-T.
4. Langkah selanjutnya memberikan efek bayangan si Imut di air. Buat duplicate layer dari layer si Imut. Kemudian Ctrl-T lalu klik kanan di dalam ruang gambar terseleksi dan klik Flip Vertikal.

5. Atur posisi duplicate layer dengan menggeser ke bawah, kemudian gunakan "Smudge Tool (R)" untuk membuat bayangan sesuai daya kreatif kita. Pada Opacity geser hingga 49 %.

Selesai sudah cara merubah background foto si Imut Selma, semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua. Untuk sobat yang sudah ahli menggunakan Adobe, tolong dong bagi-bagi Ilmunya..... biar si empunya bidikCOM bisa belajar.... " biar tambah pinter " kata si Tole.

======================================================================


Menghilangkan Jerawat atau noda lain diwajah

Menghilangkan jerawat dengan photoshop bisa dikategorikan sebagai editing ringan, proses ini merupakan rangkaian dari photo retouching. Menghilangkan jerawat dengan photoshop secara teknis hanya menggunakan satu tool yang sudah disediakan oleh photoshop, penggunaan tool ini pun terbilang cukup mudah. Bagi mereka yang bekerja di studio foto tentunya proses ini tidak asing lagi, karena kemudahannya terkadang editor kebablasan, bukan saja jerawat yang hilang, tahi lalat pun ikut hilang.
Klik menu file kemudian pilih open untuk membuka foto yang akan dihilangkan jerawatnya, anda bisa menggunakan cara lain dengan menekan tombol CTRL + O pada keyboard (shortcut). Agar proses menghilangkan jerawat lebih mudah, perbesar gambar yang telah dibuka menggunakan zoom tool.





Cantiek bangat nih cw, tapi jerawatan tuh he he, yoook kita mulai hilangin jerawatnya >
Pilih spot healing brush pada toolbox. Alat inilah yang digunakan untuk menghilangkan jerawat. Atur diameter alat melalui option bar agar ukuran diameter alat lebih besar sedikit dari ukuran diameter jerawat. Untuk mengatur diameter alat anda dapat menggunakan tombol kurung siku [ untuk memperkecil diameter/lingkaran alat dan tombol kurung siku ] untuk memperbesar diameter alat.



Posisikan lingkaran alat persis diatas jerawat, jika lingkaran alat tidak muncul kemungkinan diameternya terlalu kecil atau terlalu besar atau periksa tombol caps Lock, karena ketika tombol caps Lock aktif maka lingkaran alat tidak akan muncul, hanya muncul tanda +. Selanjutnya klik kiri 1x diatas jerawat, secara otomatis alat akan mengambil sample tekstur gambar/kulit sekitar lingkaran untuk menutupi area jerawat sehingga jerawat hilang tanpa bekas dan terlihat tetap alami.



Hasil ahirnya akan seperti ini jadinya





Biar lebih bening lagi nih cw, clik filter > effek blur > pilih surface blur dan isi radius = 3 pixel dan threshold = 14 level dan clik OK, maka hasilnya akan seperti ini, mantap khan




Teknik ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda di wajah, menghilangkan tahi lalat dan menghilangkan bekas luka. Dengan foto yang bersih dari jerawat tentunya anda lebih percaya diri untuk mengupload foto tersebut ke situs jejaring sosial dll.
Demikian tutorial ini, Semoga bermanfaat. Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop.
======================================================================