MENGATASI PC YANG SERING HANGS

Pernah atau sering mengalami masalah dengan komputer? terutama komputer yang sering hang (crash)? Permasalahan komputer “hang” atau muncul tulisan biru (blue screen) bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, terutama masalah hardware, salah satunya adalah RAM atau Memori yang bermasalah. Dan berkaitan dengan Memori ini, memang tidak mudah untuk mengeceknya. Tetapi kita bisa menggunakan software gratis Memtest86+.

Jika kita pernah mengutak-atik hardware (perangkat keras) komputer, mungkin tidak asing dengan salah satu software untuk mengetest kondisi Memori (RAM) yang dulu pernah populer, Memtest86 (tanpa tanda plus). Tetapi software ini sudah lama tidak di update (perbarui) sejak tahun 2002, sehingga masih ada masalah dengan perangkat baru (terutama CPU) yang muncul sesudahnya.

Memtest86+ merupakan update dan perbaikan dari software Memtest86 sebelumnya, berbagai deteksi CPU baru sudah ditambahkan sehingga masih tetap berjalan dengan hardware baru sampai saat ini. Terakhir update sekitar pertengahan tahun 2010 kemarin, sehingga masih cukup “fresh”.


Tidak seperti software lain yang berjalan dibawah windows, Memtest86+ berjalan melalui bootable media, sehingga tidak tergantung apa sistem operasi yang di gunakan di komputer. Untuk menggunakannya diperlukan media seperti CD Rom, USB Flashdisk atau Floppy disk.

Jika kita memilih menggunakan CR-Rom, download memtest86+ dalam bentuk ISO, selanjutnya gunakan software burning untuk membuat bootable CD. Untuk lebih mudah, kita bisa menggunakan USB Flashdisk, download versi USB Installer, buka zip dan jalankan file Memtest86+ 4.10 USB Installer.exe. Untuk installer USB ini dijalankan melalui windows, tetapi Bootable USB Flashdisk bisa digunakan di sistem operasi apa saja, asal komputer bisa di set untuk booting melalui windows.

Jika ada masalah dengan Memori, hasil scan atau test akan menampilkan informasi error dengan warna merah seperti gambar berikut.


Bagaimana jika RAM bermasalah/Error ?

Jika RAM ada yang error, sebaiknya segera diganti, karena meskipun hanya sedikit tetapi hal ini kemungkinan akan sering menyebabkan komputer hang/crash. Biasanya RAM/Memori bergaransi lifetime, sehingga perlu dicoba untuk ditukar ke toko tempat membeli RAM tersebut.

Untuk mendapatkan Memtest86+ ini kita bisa download dengan memilih beberapa media yang disediakan, yaitu :

Memtest86+ ISO (bootable CD-ROM, 86 KB)
Memtest86+ Floppy disk (268 KB)

======================================================================

Ini pertanyaan standart yg sering ditanyain sama teman2 saya... "Kenapa Komputer Saya Sering Restart...???" Saya jawab... "Yah... Gak Tau... Wong Itu Komputer Sampean......!". Whakakakakakakakak....... Sorry becanda...

Sebenarnya ada banyak sebab yg mengakibatkan komputer sering restart jadi saya akan kasih bocoran yg sering saya hadapi aza yah... jadi silahkan check... mungkin salah satunya penyebab komputer anda itu sering bermasalah....

1. Karena Memory/RAM Rusak

Ini penyebab yg paling sering saya temuin... dan cara nyembuhinnya paling gampang.... ganti memory/RAM anda... beres.... Whakakakakak... (gak usah belajar kalo ganti doang yah.....)

2. Karena VGA Rusak

Ini juga penyebab yg banyak saya temuin... kalo di check kebanyakan karena fan/kipasnya tak berfungsi dan menimbulkan panas... trus efeknya kalo lama didiemin yah... biasanya tampilan gambar di monitor jadi rada rusak dan terakhir berefek pula pada penyebab komputer anda jadi sering restart... solusinya coba ganti fan/kipas VGAnya kalo dah normal bisa terus dipakai tuh VGA... tapi kalo masih restart juga kemungkinan ada komponennya yg rusak... artinya anda harus beli yg baru.... huuuuuu.......

3. Karena Hardisk Rusak

Walaupun gak sering tapi ini juga salah satu penyebab yg saya temuin... karena hardisk yg sudah rusak atau banyak bad sectornya akan sering mengalami restart... trus blue screen dan yg paling parah Hang... atau malah gak bisa booting dan terus menerus restart.... jadi solusinya coba di scandisk dulu HD tersebut dengan software2 yg bisa memperbaiki bad sector (saya gak bisa sebutin satu persatu cari aza sendiri.... hi... hi... hi...) tapi kalo buat pencegahan rajin2 lah untuk scan disk dan defrag yah minimal sebulan sekali deh... Ocre....

4. Karena Overheating Pada Processor

Ini jarang terjadi sih... tapi bisa jadi kemungkinan kenapa komputer anda restart... karena biasanya overheating terjadi disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

a. Karena sudah gak bagusnya putaran fan/kipas processornya atau malah dalam beberapa kasus malah ada yg mati total.... harusnya anda dah dapat mengetahuinya... karena biasanya ditandai dengan peringatan fan error pada saat mau booting.... solusinya cuma satu... biasaaa.... ganti bro... ha... ha... ha...

b. Sirip2 pendingin processor yg tertutup oleh debu.... kalo ada yg gak tau apa itu sirip pendingin... gw jelasin dikit... hi... hi... yaitu bagian yg biasanya terbuat dari alumunium yg berada tepat dibawah fan/kipas processor gitu loh... solusinya juga gampang... rajin2 bersihin debunya pake kuas atau kalo mau gampang bawa ke tukang tambal ban trus minta dibersihin pake kompresor deh.... whakakakakak ini cara saya bersih2 kalo lagi males.... bayar 2000 perak... bersih... sih... sih....

c. Sudah keringnya thermal pasta atau malah gak dipakein sama sekali.... thermal pasta ini adalah pasta yg direkatkan pada processor dan sirip pendingin sehingga dapat menyerap panas yg berlebihan... jadi kalo sudah kering solusinya yah bersiin pastanya dan ganti dengan yg baru... beres deh...

d. Nah kalo yg terahir bisa aza emang tu pc ditempatin di dalam ruangan yg emang suhunya panas beneran... siapa tau di taruh didapur persis di samping kompor.... whakakakakakakak.....

5. Power Supply Yg Kurang Daya

Ini  sih jarang banget terjadi tapi juga pernah saya alamin... jadi jika semua hardware yg diatas udah di check trus masih bermasalah... nah baru deh nih curiga sama power supplynya... ha.... ha... ha... kalo buat power supply yg bagus mungkin diawal kita dah bisa tau karena dilengkapi lampu2 indikator yg akan meredup jika daya yg dihasilkan kurang... jadi kalo bisa sih... ganti power supply anda dengan yg rada bagusan deh.... whakakaakakakakakak.....

Kayanya itu aza dah yg bisa saya share mungkin ada penyebab lain yg saya gak tau... jadi silahkan ditambahin sendiri... hi... hi.. hi.....

======================================================================


akhir-akhir ini listrik PLN sering padam tanpa pemberitahuan. Akibatnya banyak perangkat komputer kami di kantor mengalami masalah, misalnya tidak dapat menyala kembali, data-data tercorrupt hingga rusaknya komputer secara permanen. Bagiamana solusi agar perangkat kompuetr kami dapat lebih awet dan terhindar dari kerusakan jika hal serupa terjadi?
Benar bahwa jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba akan beresiko kepada kerusakan hardware maupun software (aplikasi dan data-data).
Solusi yang dapat diberikan adalah :


1. Gunakan UPS (Uninterruptible Power Supplies).



UPS ini akan membantu memberikan supply listrik dari baterai di UPS tersebut. Baterai akan bekerja disaat listrik padam. Biasanya baerai ini bisa mempunyai power listrik kurang lebih 30 menit sehingga kita dapat mematikan komputer secara normal dan aman. Dan data pun akan aman karena kita akan mempunyai kesempatan untuk menyimpan data tersebut sebelum kita matikan.
Untuk 1 unit komputer cukup gunakan UPS yang memiliki kapasitas 500 VA / 300 watt, harga sekitar Rp. 500.000,- Tersedia berbagai ukuran.
Yang perlu kita ingat adalah UPS berbeda dengan Stabilizer. Biasanya jika kita membeli 1 unit komputer akan berhadiah 1 unit stabilizer. Stabilizer tidak berfungsi sebagai UPS. Ia hanyalah penstabil tegangan listrik dari kejutan (surge protection). Sedangkan UPS mempunyai fungsi baterai dan sekaligus stabilizer.
Saat ini UPS sudah semakin canggih, ada Smart UPS yang dapat disambungkan ke dalam jaringan internet dan GSM Modem, sehingga jika ada pemadaman listrik secara tiba-tiba, UPS melalui aplikasinya akan mengirimkan peringatan melalui email dan SMS kepada para IT Administrator/Staff. Dan Smart UPS juga secara otomatis dapat mematikan komputer secara baik dan benar.


2. Pastikan Anda membackup data secara periodik.



Kerusakan data tidak hanya dikarenakan padamnya listrik. Penyebab lainnya pun sangat banyak. Untuk itu agar data kita terjaga dengan aman maka pastikan Anda membackup data (menyimpan data / menyalin data) ke media lain.
Hal ini bisa dilakukan secara harian (daily), mingguan (weekly) dan bulanan (monthly). Lakukan disaat sore hari jika pemakai komputer sudah tidak bekerja.

Dengan adanya backup data ini maka jika terjadi kerusakan hardware atau software (operating system dan data corrupt), pencurian komputer, kebakaran atau bencana lainnya, kita tinggal menyalinkan kembali (restore) data yang ada di media backup ke komputer yang lain.
Sehingga data tersebut aman dan dapat dipergunakan kembali.
Media yang bisa digunakan adalah tape backup/cartridges, DVD/CD RW, external harddisk atau pun yang murah seperti USB Flash Disk. Pemilihan media disesuaikan dengan besarnya data yang dibackup dan aktifnya pemakaian data tersebut dan juga disesuaikan dengan anggaran dana yang tersedia.
Tools dalam membackup ini juga dapat dengan menginstall aplikasi backup data. Dengan aplikasi ini kita dapat membackup secara otomatis sesuai dengan jadwal/schedule yang telah ditentukan.
Dan tips lainnya, pastikan backup media tersebut disimpan ditempat yang aman, jangan di simpan di dalam satu tempat dengan komputer itu berada. Sehingga jika ada bencana yang tak terduga maka backup media tidak turut hilang.
Ok, selamat menerapkan solusi di atas, semoga dapat membantu Anda. Salam teknologi!