PENANTIAN YANG TERABAIKAN














Ada nama yang selalu mendiami
Terukir indah merias rerulung hati
Ada senyum selalu hadir menemani
Terasa indah hari-hari yang kulalui
Walau kutahu semuanya itu hanyalah ilusi
Tapi kubiarkan semua itu terjadi
Ada keyakinan yang terpatri dalam hati
Bahwa kau pergi pasti akan kembali
Maka kubiarkan diriku tetap disini
Walau tertatih-tatih menghitung hari



Membaca puisi diatas… tentu saja beragam ilustrasi terlukis dalam pikiran anda, bisa saja puisi tersebut adalah bagian dari apa yang anda alami saat ini atau hanya bagian terkecil dari riak kehidupan anda, tetapi kalau bisa kita simpulkan puisi tersebut adalah KESETIAAN YANG TERABAIKAN,  kenapa harus lelah menunggu dalam ketidak pastian? Lantas bagaimana cara menyikapinya?
Mungkin ada sebagian orang yang pernah merasakan atau mengalami pahit nya cinta, atau mengalami yang namanya sakit hati. Bagi mereka yang mengalami seperti itu mungkin itu bisa jadi keadaan yang berat dalam hidup. Tapi untuk apa kita jadikan beban sedangkan orang yang membuat kita merana seperti ini belum tentu mengkhawatirkan kita.

Berpisah dengan orang yang pernah kita cintai memang sangat menyedihkan. Perasaan menjadi terombang-ambing, emosi menjadi tidak terkendali dan kadangkala tindakan kekerasan dapat dilakukan terhadap orang lain sebagai pelarian rasa sakit. Namun sebenarnya hal-hal negatif tidak perlu terjadi, asalkan Anda lebih dapat mengontrol emosi
serta merenung sejenak. Bahkan mungkin hubungan Anda bersamanya dapat berakhir sebagai teman setelah cinta Anda berdua usai.

Melupakan itu sulit, jauh lebih sulit dari memaafkan. Tetapi, kita harus sadar kehidupan itu harus terus berjalan, dan kita tidak boleh jatuh hanya karena seseorang yang kita cintai pergi meninggalkan luka buat kita. Apapun kondisi Anda.
Akhirnya, tidak penting lagi apa yang dipikirkan orang lain, tetapi apa yang bisa membuat Anda tenang. Dan penting bagi Anda adalah masa-masa di mana Anda lebih memperhatikan diri Anda dibandingkan masa-masa Anda berduka.

=========================================

Mengalami Jatuh cinta dan putus cinta itu sering terjadi dalam kehidupan seseorang, ada yg dengan mudah mengatasi sakit hati karena putus cinta, tapi ada juga yang membutuhkan cara hilangkan sedih setelah putus cinta, Mengatasi patah hati dan melupakan mantan dari hidupmu.

Berikut ada beberapa Tips Mengatasi Sakitnya Putus Cinta dan sakit hati yang bisa kamu lakukan untuk melupakan kesedihan dan si dia dari pikiran kamu :

* Menangislah
Kamu boleh meluapkan kesedihan atau pun kesakitan kamu saat putus cinta. Ini lebih baik daripada memendam perasaan. Tapi hanya lakukan saat sendiri (dikamar, dihutan, disawah, di gedung, ditempat parkir, dll). Jangan memperlihatkan kesedihan kamu didepan mantan.

* Marahlah
Kamu bisa teriak dan menjerit sepuas kamu untuk meluapkan kemarahan dan kebete’an kamu karena putus cinta. Kamu bisa meluapkan dengan meninju bantal, guling, kasur. Bisa juga menulis kemarahan lewat tulisan atau puisi. Lepaskan aja kemarahan kamu, jangan ditahan, karna bisa meracuni perasaan, pikiran dan menimbulkan rasa benci.

* Curhatlah
Kalo kamu merasa gak kuat menahan sendiri, kamu bisa cerita “Curhat sama teman dekat, sahabat atau keluarga. Karna semua orang pernah mengalami trauma putus cinta, jadi mungkin mereka bisa mengerti dan bisa ngasih saran atau minimal bisa menghibur kamu. Tapi jangan muntahkan perasaanmu pada semua orang yah.

* Menjauhlah
Salah satu cara melupakan kesedihan putus cinta adalah dengan menjauhi si dia. Hal ini bisa membuatmu sedikit merasa lega. Karna dengan kamu masih sering ketemu, kamu bakal selalu merasa sakit. So, menjauhlah sejauh mungkin sampai jauh.

* Sibukkanlah Dirimu
Kamu bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai macam kegiatan, habiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan yang selama ini gak bisa, gak boleh atau gak sempat kamu lakukan. Masih banyak hal yang berguna dan bisa membuat kamu hapy.

* Buanglah
Singkirkan semua barang yang mengingatkan kamu sama dia. Buang semua barang pemberian dia, foto, kenangan, sms, atau mungkin surat cintanya. Hadapi kenyataan bahwa dia sudah bukan “milik” kamu lagi.

* Bersenang-senanglah
Kamu bisa meluangkan waktu buat kongkow bareng temen atau sahabat kamu. Nikmatilah kesendirian kamu dan berbagi kesenangan, hafun, gokil-gokilan bareng temen, pasti bakal bikin kamu melupakan masalah yang ada. Dan kamu bakal ngerasa lebih tenang setelah mendengar cerita sedih yang juga dialami teman-teman kamu.

* Bergayalah
Kamu bisa bergaya sesuka kamu yang mungkin selama sama dia selalu dilarang. Kamu bisa memotang rambut (berarti mengangkat beban dari pundak atau memulai sesuatu yang baru), mengganti parfum yang lebih fresh, memakai pakaian atau aksesoris yang bisa bikin kamu lebih hafun dan percaya diri lagi. dll.

* Yakinkanlah Dirimu
Yakinkan pada dirimu, kalo si dia “mantan” bukan satu-satunya orang yang bisa membahagiakan, terbaik, tertampan/tercantik, dll. Karna masih banyak orang lain diluar sana yang lebih baik dari dia, yang mungkin gak akan menyakiti kamu.

Nah, itulah sidikit tips yang bisa kamu lakukan untuk melupakan kesedihan, sakit hati, bete, marah, kesel, esmosi, dll, yang diakibatkan dari pupusnya hubungan kamu sama dia. Semangat ya, masih ada hal yang lebih indah yang menanti didepan sana!!!^^


Menerima kenyataan bahwa Anda putus adalah sulit, tetapi dengan melakukan hal ini Anda akan pulih lebih cepat dan mudah. Pada masa ini mungkin perasaan Anda bermacam-macam. Bingung, merasa dikhianati atau bimbang adalah sebagian kecil yang bisa disebutkan. Ingatlah Anda cuma kehilangan seorang kekasih. Wajar untuk berduka, bahkan membiarkan diri Anda berduka untuk beberapa saat adalah hal yang wajar.

Setelah masa berduka, sekaranglah waktunya untuk melangkah maju. Hal ini memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi ada cara melakukan ini agar berhasil. Mencari tahu siapa sebenarnya teman-teman terbaik Anda, kemudian bergabunglah dengan mereka. Keluar dan bersenang-senanglah.
Buatlah daftar tentang hal-hal yang ingin Anda lakukan atau selalu ingin Anda lakukan. Ajak teman dekat Anda. Atau mungkin Anda melakukannya sendiri. Tetap aktif secara fisik dan mental bisa membantu Anda melupakan mantan pacar. Ini bisa membebaskan pikiran Anda darisituasi yang sedang terjadi dan membantu Anda menatap masa depan.

Hal-hal lain yang mungkin dapat Anda lakukan:
  • Buang atau sembunyikan foto-foto atau benda-benda yang menyimpan kenangan atau membuat Anda ingat si dia.
  • Sibukkan diri Anda. Dengan belanja, tentu saja yang benar Anda butuhkan, berolah raga dan lain-lain.
  • Gunakan waktu untuk berkenalan dengan kegiatan baru atau lingkungan baru.
  • Lebih aktif melakukan kegiatan keagamaan Anda.
  • Kencanlah untuk menaikkan lagi kepercayaan diri Anda, tapi jangan asal tabrak.
  • Pergilah berlibur dengan teman-teman Anda.
=========================================

Ide saya untuk menulis artikel ini muncul, ketika saya sedang membuka email saya dan melihat ke daftar inbox saya. Dari sekian banyak “MESSAGE” di inbox saya, saya melihat sebuah pertanyaan dari salah seorang TEMAN DUNIA MAYA SAYA (saya tidak ingin menyebutkan identitasnya) yang pada intinya adalah “BAGAIMANA MENENTUKAN SIKAP KETIKA CINTA DITOLAK”.

Terus terang, saya sendiri pun sebenarnya bukanlah manusia yang selalu berhasil dalam hal di atas, akan tetapi saya banyak belajar dan merenung untuk BERSIKAP PASCA PENOLAKAN CINTA OLEH SEORANG WANITA. Dan dalam hal ini, saya tidak hanya ingin membagikannya kepada teman saya ini saja, akan tetapi kepada anda juga yang mungkin membutuhkannya.

Perasaan cinta itu dapat bersifat GOAD di satu sisi, akan tetapi di sisi lain dapat merupakan SLUMPS. Perasaan ini memang bisa membuat seseorang EKSTASIS dan terbang ke bulan. Namun perasaan yang sama ini akan menimbulkan DEPRESI BERLEBIHAN ketika harus MENGHADAPI KENYATAAN kalau CINTA BERTEPUK SEBELAH TANGAN.

Setiap kita punya bayangan akan TIPE IDEAL KEKASIH YANG KITA INGINKAN dan lewat KRITERIA tersebut kita MENGAGUMI BEBERAPA ORANG yang KITA ANGGAP MENARIK. Ketika orang tersebut berjalan mendekat kepada kita atau kesempatan-kesempatan membuat kita menjadi semakin dekat dan semakin mengenal, timbulah HARAPAN-HARAPAN CINTA yang akhirnya kita kenali sebagai PERASAAN KASMARAN. Seringkali si doi yang SEBENARNYA TIDAK PUNYA MOTIVASI APA-APA selain MENJALIN PERSAHABATAN akan BERSIKAP RAMAH kepada kita dan keramahan itu seringkali KITA ANGGAP SEBAGAI TANDA kalo si doi juga tertarik pada kita. Kita bahkan BISA MELAKUKAN HAL-HAL BODOH yang TIDAK SEWAJARNYA kita lakukan, dan segala HAL- HAL ANEH lainnya hanya untuk MEMBUAT SI DOI TERKESAN. Ketika usaha kita membuat doi terkesan SUDAH MELEWATI BATAS KEWAJARAN, yang terjadi ialah DOI BERGERAK SEMAKIN MENJAUH dari kita karena MERASA AKAN DITANGKAP. PENGALAMAN DITOLAK inilah yang seringkali MENIMBULKAN SAKIT HATI BERKEPANJANGAN dan merusak SELF-ESTEEM kita karena SEBAGIAN BESAR dari KITA MENCARI PASANGAN HANYA UNTUK MENUNJUKKAN PADA DUNIA KALAU KITA ADALAH ORANG YANG MENARIK dan PERISTIWA PENOLAKAN SEOLAH- OLAH MENUNJUKKAN KALAU KITA TIDAK MENARIK.

Ketika saya PERNAH MENJADI salah satu bagian dari orang- orang dengan KRISIS DIRI, tidak ada yang lebih ditakutkan selain PENOLAKAN. Setiap penolakan sepertinya semakin membuktikan kalau diri ini TIDAK MENARIK dan bahkan HARGA DIRI seolah diinjak-injak . Ada bahkan beberapa orang yang MENOLAK UNTUK JATUH CINTA atau merasakan kasmaran lagi karena TAKUT, takut akan KEMUNGKINAN DITOLAK tersebut. Perhatikan bahwa DITOLAK itu CUMA KEMUNGKINAN dan SISI LAIN dari mata koin sebenarnya ditulis “DITERIMA”. Mungkin beberapa di antara kita (tidak termasuk saya ya..)ada yang sering merasa ke-ge’er-an kalo ada lawan jenis menunjukkan tanda-tanda perhatian khusus dan menganggapnya sebagai PERTANDA bahwa si DOI MENARUH PERASAAN KHUSUS. Padahal mungkin sebenarnya orang itu cuma BERUSAHA MENUNJUKKAN KERAMAHAN kepada kita. Kita lalu bertanya-tanya apa yang salah dengan saya, merasa bersalah, dan bertanya-tanya apa yang salah dengan perasaan saya.

Saya berhutang banyak kepada PSIKOLOG kenamaan CHUCK SPEZZANO, Ph.D. yang menunjukkan kepada saya SINAR TERANG dalam masalah ini. Dia berkata, "WHEN IT HURTS, IT IS NOT LOVE". Yang menimbulkan semua PERASAAN KECEWA, NGAREP, DESPRET, GEER, GUILTY, SAKIT HATI, dan SEMUA EFEK NEGATIF dari KASMARAN adalah karena KITA TIDAK BENAR-BENAR SEDANG MENCINTAI SESEORANG. Yang KITA PUNYA adalah NEED dan KITA BERHARAP agar NEED ITU DIPENUHI oleh SI DOI. NEDD AKAN MENGHASILKAN FANTASI dan EKSPEKTASI atau HARAPAN YANG BERLEBIHAN yang KETIKA ITU TIDAK DIPENUHI maka akan MENIMBULKAN SAKIT HATI. MASALAHNYA SETIAP ORANG adalah MANUSIA BEBAS yang MEMILIH JALANNYA SENDIRI TERMASUK SIAPA YANG DISUKAINYA. MEMAKSAKAN SESEORANG masuk dalam skenario fantasi dan ekspektasi kita malah akan AKAN MEMBUAT DIA merasa TERKEKANG DAN KABUR KETAKUTAN. Jadi yang HARUS DISELESAIKAN LEBIH DAHULU adalah NEED KITA ITU, misal KEBUTUHAN UNTUK DIAKUI, DIANGGAP, DIPERHATIKAN, DISAYANGI, DIPERDULIKAN, dsb. KETIKA KITA BISA MANDIRI dan TIDAK LAGI MEMILIKI NEED, maka kita akan BERUBAH MENJADI PENCINTA SEJATI yang DIMAMPUKAN MEMBERI TANPA MENGHARAP BALAS karena PENGAHARAPAN ITU SENDIRI ADALAH EKSPEKTASI YANG BERLEBIHAN. Kita harus MEMBERI TANPA KEINGINAN UNTUK MENGAMBIL. Kita harus MELEPASKAN PENGAMPUNAN KEPADA ORANG- ORANG DI SEKITAR KITA dan mulai menjalani hidup dengan KEMANDIRIAN. Kita akan dimampukan untuk TIDAK SAKIT HATI ketika si DOI tidak pernah MENARUH PERASAAN APAPUN TERHADAP KITA. Setelah kita berhasil menjalani TAHAPAN- TAHAPAN MENUJU KESEMBUHAN, dunia menjadi semakin indah dan memberikan rahmat kepada kita.

“WE HAVE TO ACCEPT EVERYTHING BUT DON’T EXPECT ANYTHING”.

Saya sendiri mencoba mempraktekkan BEBERAPA MANTRA AMPUH dan MENUNJUKKAN HASIL yang CUKUP BAGUS yang walaupun masih JAUH DARI SEMPURNA. Kira-kira seperti ini mantra ampuh itu :

SAYA ORANG BAHAGIA DAN PUAS DENGAN HIDUP SAYA

SAYA PUNYA TUJUAN DAN SAYA AKAN FOKUS BERJALAN KE TUJUAN (THE PURSOSE DRIVEN LIFE)

SAYA MENYUKAI KEHIDUPAN INI DAN MENCOBA BERBAGI DENGAN ORANG LAIN

SAYA SAMA SEKALI TIDAK AKAN TERGANTUNG KEPADA KEKASIH, TETAPI SAYA TIDAK AKAN MENOLAK KEHADIRAN SEORANG KEKASIH.

SAYA MENCOBA MENERIMA SEGALA SESUATU DAN TIDAK BERHARAP BANYAK

SAYA MENCOBA MEMPERHATIKAN TANPA MENUNTUT DIPERHATIKAN

SAYA MENUTUP PINTU MASA LALU, MEMBUKA PINTU MASA KINI, DAN BERJALAN MENUJU PINTU MASA DEPAN

Kawan, kira- kira inilah yang saya lakukan, mengingat saya juga adalah manusia yang pernah mengalami penolakan dari wanita, mungkin anda yang sedang mengalami hal yang serupa (disamping teman dunia maya saya tadi) bisa mencoba mempraktikkannya. Ada kalanya mungkin kawan akan mengalami kegagalan ketika mencobanya, tetapi tetaplah berusaha, karena “HIDUP ADALAH PROSES BELAJAR” jangan pernah berhenti untuk terus belajar MEMPERBAIKI DIRI, dan jika kawan BERPUTUS ASA, BERTAHANLAH untuk selalu teguh pada keyakinan untuk tetap BERJALAN melewati TAHAP-TAHAP penyembuhan diri anda.

Selamat mencoba..
Semoga berguna untuk anda.
abunawar@gmail.com