Kalembo Ade - Sebuah Kata Mengandung Banyak Makna



Judul Asli " Dibalik ungkapan Kalemboade"

Judul Baru
" Kalembo Ade - Sebuah Kata Mengandung Banyak Makna"
New update by abunawarbima @gmail.com

"Kalembo Ade" adalah kata subyek yang selalu diucapkan dalam dioalog dou mbojo (bima) yang makna dari kata kalembo ade itu sendiri akan berubah-ubah sesuai dengan kata obyek yang dituju.
Seperti dalam Bahasa Indonesia, ungkapan sering terbentuk dari berbagai unsur. Bahasa Bima pun demikian, katakan saja idiom atau ungkapan yang terbentuk dari unsur bagaian tubuh manusia, misalnya: jatuh hati (mabu ade) buah hati (do’u ne’e) dan masih ada lagi contoh lain seperti ungkapan dari unsur indera: mandi basah (ndeu raso)

Bagaimana ungkapan kalembo ade itu sendiri ? Entah sejak kapan ungkapan kalembo ade digunakan oleh masyarakat Mbojo(Bima), penulis belum mendapatkan informasi yang tepat, tapi yang jelas, ungkapan kalembo ade ini selalu mewarnai kegiatan/alur berkomunikasi dalam keseharian warga Mbojo (bima). Frekuensi penggunaannya pun , boleh dikatakan, tiada hari tanpa ada ungkapan kalembo ade , bahkan tiada jam tanpa ada kalembo ade.

Sekedar contoh, ketika kita makan dalam hidangan yang serba lengkap, selalu saja kata Kalembo ade diucapkan oleh sipenyedia hidangan dengan mengucapkan "kalembo ade, ngaha wati tantuna ake, ngahapu be ma rawara ( mohon maaf, hidangan ini sangat sederhana, makanlah apa adanya) padahal jelas-jelas menu hidangan yang disediakan  cukup lengkap dan mewah, nah jika benar-benar yang menyediakan hidangan merasa menu hidangannya tidak istimewa, maka ungkapan kalembo ade akan diucapkan berulang-ulang seperti " kalembo ade, ngaha wati tantuna ake, ngahapu be mara wara, kalembo ade, kalembo ade mena.
  • Kalembo ade, ngaha hangga sa toi (mohon maaf, makanan tersedia hanya sedikit).
  • Kalembo ade, ngaha be ma wara (mohon maaf, makan apa adanya).
  • Kalembo ade, mboto kangampu ta, wati tantungaha re, ngaha mpa  be mara wara ( mohon maaf sebesar-besarnya karena makanannya sederhana, makanlah apa adanya).
  • Makna yang dikandung dalam kalimat di atas, berarti : memohon maaf, karena mungkin tidak memenuhi atau memuaskan salera anda dan jika kalembo ade ditambah kata mboto kangampu berarti mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Nah, kalembo ade itu sendiri, apa sih artinya? Secara sederhana, dapat dikatakan maknanya: adalah bersabar. Itu dipahami karena ungkapan itu terbentuk dari kata kalembo (sabar)  ade (hati). Jadi kalembo ade artinya bersabar yang berarti keikhlasan hati nurani. Nah inilah uniknya keaneka ragaman bahasa daerah yang ada Di Indonesia, seperti bahasa daerah Bima, jika harus diartikan kedalam Bahasa Indonesia dengan tepat, ada beberapa kata atau ungkapan yang tidak bisa pas benar, seperti kata kalembo ade ini, jika anda artikan kedalam bahasa Indonesia adalah hati yang sabar (penyabar) tapi dalam bahasa bimanya menjadi mohon maaf, padahal mohon maaf itu sendiri dalam bahasa bimanya : mohon (raho), maaf (kangampu) kenapa yang dipake kata kalembo ade justru bila kata kalembo ade ditambahkan kata mboto kangampu maka artinya menjadi : mohon maaf yang sebesar-besarnya, itulah unik nya.

Banyak sekali makna dari ungkapan kalembo ade bergantung pada sikon (situasi dan kondisi) yang terjadi pada saat itu. Benar kata para ahli bahasa bahwa, sebuah kata atau ungkapan belum punya arti, jika belum dikontekskan dengan obyek yang dituju, Artinya, kata atau ungkapan yang digunakan akan mempunyai arti jika dirangkaikan dengan sebuah kejadian yang terjadi pada saat itu, Sederhananya kata kalembo ade adalah kata subyek sedangkan kejadian atau pristiwa adalah obyeknya

Setelah diadakan penelitian sederhana, penulis menemukan sekian makna ungkapan kalembo ade itu. Dan ternyata, tafsiran kita terhadap ungkapan kalembo ade, memang beragam maknanya. Untuk tidak sekedar diperbincangkan, berikut ini, disajikan sebagai berikut:
  1. Kalemboa de bermakna: tidak mudah putus-asa. Ketika kita mengalami kesulitan, seperti kekurangan uang untuk membayar SPP, orang yang paling dekat dengan kita selalu menggunakan ungkapan,”Kalembo ade, kata orang bijak, sabar akan menjadi subur”. Atau salah satu krabat kita tertimpa musibah meninggal dunia, maka semua yang melayat tidak akan terlewatkan kata kalembo ade baru ditambahkan kata-kata lain yang menyetuh misalnya : "Kalembo ade ari e, aina ipi nangi, ndai ta manusia ke di mamade menampa”  yang artinya "jangan terlalu sedih (menangis) dik, karena kita sebagai manusia, semuanya bakal meninggal”
  2. Kalembo ade bermakna: tidak tergesa-gesa. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak di antara kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan maunya cepat  selesai, orang akan menganggap pekerjaan yang dikerjakan dengan terburu-buru hasilnya tidak akan maksimal maka orang itu pasti akan menegur atau mengingat kita dengan kata : Kalembo ade, ai na ipi hura-hara krawi re, kanari-nari mpa diloa taho kai ndadina (jangan terlalu terburu buru, pelan - pelan saja, biar hasilnya maksimal)
  3. Kalembo ade bermakna : teliti dan tekun, dalam hal belajar misalnya, kita disarankan agar selalu memperhatikan dan memahami sepenuhnya tentang apa yang kita pelajari, Belajar dan belajar, tetap semangat untuk belajar, biasanya orang terdekat kita akan mengingatkan seperti ini ”Kalembo ade, tanao kapoda ademu, diloa kai raka aura ne'e mu" (belajar yang sungguh-sungguh agar cita-citamu tercapai)
  4. Kalembo ade bermakna jengkel atau marah.Ketika kita menagih utang kepada teman, kemudian teman kita selalu menunda-nunda pembayarannya, maka terkadang kesabaran kita habis sudah maka tanpa disadari emosional kita meledak dalam seketika. Kalembo ade ya, sambil menunjuk –tunjuk jemari kita di depan mata seseorang ; ”Kalembo ade , cina e, ndaim ma ka susah podaku ake, nahu ke, ngge'e nggongga senai-naiku di ake pala watipu cola conggo, bone aiku colamu" (banyak maaf teman, tiap hari saya bolak balik kesini tapi belum bayar juga utangmu, kapan kamu mau bayar).
  5. Kalembo ade bermakna: merendahkandiri. Pada waktu kita memberikan hadiah yang mahal harganya, tapi justeru kita mengatakan kalemboade hanya itu yang bisa kita berikan. Jauh dari lubuk hati si penerima mengatakan wah…, sudah dikasih hadiah yang mahal harganya malah dikatakan kalembo ade, biasanya sambil menyerahkan hadiah tersebut diiringi ucapan ”Kalembo ade, ake mpa mara wara, diloa kai samada angi ndai!” (mohon maaf, hanya ini yang dapat aku berikan sebagai kenang-kenangan antara kita)
  6. Kalembo ade bermakna: mohon maaf. Dalamkeseharian, kita terkadang terlambat datang pada suatu pertemuan. Oleh karenaitu, kita selalu meminta maaf atas keterlambatan kita. biasanya diungkapkan demikian,” Kalembo ade, mada wara sengiri ke“ (banyak maaf saya agak terlambat).
  7. Kalembo ade bermakna: tegur-sapa. Menegur atau menyapa adalah pola komunikasi yang sangat bermanfaat bagi sesama, begitupun di Bima, digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Misalnya, “Kalembo ade, ampo ja eda angi,  tabe ku ra lao kai re (mohon maaf, kita kayaknya baru bertemu deh, kemana saja selama ini)

Penutup

Menyumbang kata atau istilah serta ungkapan demi pertumbuhan dan perkembangan Bahasa Indonesia adalah sebuah keniscayaan, bagaimanapun juga bahasa Indonesia secara historis berasal dari Bahasa Melayu ditambah dengan Bahasa daerah serta masukan Bahasa Asing. Nah, Bahasa Bima merupakan salah satu Bahasa Daerah yang berada di negeri ini, mengapa kita tidak berusaha mengangkat beberapa kata atau ungkapan demi kemajuan Bahasa Indonesia? Ini menjadi tugas kita semua warga Dou Mbojo (bima), baik yang berada di daerah maupun yang merantau/menetap di daerah lain, untuk mencari makna lain di balik ungkapan kata-kata nggahi mbojo (bahasa bima) yang salah satunya adalah Kalembo Ade.

Penulis yakin, masih banyak makna lain yang terkandung dalam ungkapan kalembo ade.yang belum di angkat dalam tulis kali ini, kami berharap agar pembaca dapat memperbanyak perbendaharaan kata kalembo ade dengan uangkapan/makna yang lain, kalembo ade mena.

Usman D. Ganggang (penulis)
Nara Sumber : Drs. H. Yusuf H. M. Said, Drs.Dahlan, MA ; dan M.Ruslan, SH.M.Si
New update by : abunawarbima@gmail.com

Bima Itu Mbojo dan Sejarahnya


  • Nama Resmi : Kabupaten Bima
  • Ibukota : Woha
  • Luas Wilayah: 4.374,65 km²
  • Jumlah Penduduk: 419.302 Jiwa
  • Wilayah Administrasi:Kecamatan : 9
  • Bupati : Ferry Zulkarnain,ST
  • Wakil Bupati:
  • Alamat Kantor: Jl. Soekarno Hatta, Bimaraba- Nusa Tenggara Barat
  • Telp. (0374) 43228
  • Fax.






S  E  J  A  R  A  H

Dari hasil penelitian sejarah, Kabupaten Bima berdiri pada tanggal 5 Juli 1640 M, ketika Sultan Abdul Kahir dinobatkan sebagai Sultan Bima I yang menjalankan Pemerintahan berdasarkan Syariat Islam. Peristiwa ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Bima yang diperingati setiap tahun. Bukti-bukti sejarah kepurbakalaan yang ditemukan di Kabupaten Bima seperti Wadu Pa’a, Wadu Nocu, Wadu Tunti (batu bertulis) di dusun Padende Kecamatan Donggo menunjukkan bahwa daerah ini sudah lama dihuni manusia. Dalam sejarah kebudayaan penduduk Indonesia terbagi atas bangsa Melayu Purba dan bangsa Melayu baru. Demikian pula halnya dengan penduduk yang mendiami Daerah Kabupaten Bima, mereka yang menyebut dirinya Dou Mbojo, Dou Donggo yang mendiami kawasan pesisir pantai. Disamping penduduk asli, juga terdapat penduduk pendatang yang berasal dari Sulawesi Selatan, Jawa, Madura, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

Dalam sejarah Bima disebutkan bahwa kerajaan Bima dahulu terpecah –pecah dalam kelompok-kelompok kecil yang masing-masing dipimpin oleh Ncuhi. Ada lima Ncuhi yang menguasai lima wilayah yaitu :

  1. Ncuhi Dara, memegang kekuasaan wilayah Bima Tengah 
  2. Ncuhi Parewa, memegang kekuasaan wilayah Bima Selatan 
  3. Ncuhi Padolo, memegang kekuasaan wilayah Bima Barat 
  4. Ncuhi Banggapupa, memegang kekuasaan wilayah Bima Utara 
  5. Ncuhi Dorowani, memegang kekuasaan wilayah Bima Timur. 

Kelima Ncuhi ini hidup berdampingan secara damai, saling hormat menghormati dan selalu mengadakan musyawarah mufakat bila ada sesuatu yang menyangkut kepentingan bersama. Dari kelima Ncuhi tersebut, yang bertindak selaku pemimpin dari Ncuhi lainnya adalah Ncuhi Dara. Pada masa-masa berikutnya, para Ncuhi ini dipersatukan oleh seorang utusan yang berasal dari Jawa. Menurut legenda yang dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat Bima. Cikal bakal Kerajaan Bima adalah Maharaja Pandu Dewata yang mempunyai 5 orang putra yaitu :

  1. Darmawangsa 
  2. Sang Bima 
  3. Sang Arjuna 
  4. Sang Kula 
  5. Sang Dewa. 

Salah seorang dari lima bersaudara ini yakni Sang Bima berlayar ke arah timur dan mendarat disebuah pulau kecil disebelah utara Kecamatan Sanggar yang bernama Satonda. Sang Bima inilah yang mempersatukan kelima Ncuhi dalam satu kerajaan yakni Kerajaan Bima, dan Sang Bima sebagai raja pertama bergelar Sangaji. Sejak saat itulah Bima menjadi sebuah kerajaan yang berdasarkan Hadat, dan saat itu pulalah Hadat Kerajaan Bima ditetapkan berlaku bagi seluruh rakyat tanpa kecuali. Hadat ini berlaku terus menerus dan mengalami perubahan pada masa pemerintahan raja Ma Wa’a Bilmana. Setelah menanamkan sendi-sendi dasar pemerintahan berdasarkan Hadat, Sang Bima meninggalkan Kerajaan Bima menuju timur, tahta kerajaan selanjutnya diserahkan kepada Ncuhi Dara hingga putra Sang Bima yang bernama Indra Zamrud sebagai pewaris tahta datang kembali ke Bima pada abad XIV/ XV.

Beberapa perubahan Pemerintahan yang semula berdasarkan Hadat ketika pemerintahan Raja Ma Wa’a Bilmana adalah : - Istilah Tureli Nggampo diganti dengan istilah Raja Bicara. - Tahta Kerajaan yang seharusnya diduduki oleh garis lurus keturunan raja sempat diduduki oleh yang bukan garis lurus keturunan raja. Perubahan yang melanggar Hadat ini terjadi dengan diangkatnya adik kandung Raja Ma Wa’a Bilmana yaitu Manggampo Donggo yang menjabat Raja Bicara untuk menduduki tahta kerajaan. Pada saat pengukuhan Manggampo Donggo sebagai raja dilakukan dengan sumpah bahwa keturunannya tetap sebagai Raja sementara keturunan Raja Ma Wa’a Bilmana sebagai Raja Bicara. Kebijaksanaan ini dilakukan Raja Ma Wa’a Bilmana karena keadaan rakyat pada saat itu sangat memprihatinkan, kemiskinan merajalela, perampokan dimana-mana sehingga rakyat sangat menderita. Keadaan yang memprihatinkan ini hanya bisa di atasi oleh Raja Bicara. Akan tetapi karena berbagai kekacauan tersebut tidak mampu juga diatasi oleh Manggampo Donggo akhirnya tahta kerajaan kembali di ambil alih oleh Raja Ma Wa’a Bilmana. Kira-kira pada awal abad ke XVI Kerajaan Bima mendapat pengaruh Islam dengan raja pertamanya Sultan Abdul Kahir yang penobatannya tanggal 5 Juli tahun 1640 M. Pada masa ini susunan dan penyelenggaraan pemerintahan disesuaikan dengan tata pemerintahan Kerajaan Goa yang memberi pengaruh besar terhadap masuknya Agama Islam di Bima. Gelar Ncuhi diganti menjadi Galarang (Kepala Desa). Struktur Pemerintahan diganti berdasarkan Majelis Hadat yang terdiri atas unsur Hadat, unsur Sara dan Majelis Hukum yang mengemban tugas pelaksanaan hukum Islam.
Dalam penyelenggaraan pemerintahan ini Sultan dibantu Oleh :

  1. Majelis Tureli ( Dewan Menteri ) yang terdiri dari Tureli Bolo, Woha, Belo, Sakuru, Parado dan Tureli Donggo yang dipimpin oleh Tureli Nggampo/ Raja Bicara.
  2. Majelis Hadat yang dikepalai oleh Kepala Hadat yang bergelar Bumi Lumah Rasa NaE dibantu oleh Bumi Lumah Bolo. Majelis Hadat ini beranggotakan 12 orang dan merupakan wakil rakyat yang menggantikan hak Ncuhi untuk mengangkat/ melantik atau memberhentikan Sultan.
  3. Majelis Agama dikepalai oleh seorang Qadhi ( Imam Kerajaan ) yang beranggotakan 4 orang Khotib Pusat yang dibantu oleh 17 orang Lebe Na’E.


Hubungan Darah Bima-Bugis-Makassar

Arus modernisasi dan demokratisasi disegala bidang kehidupan telah mempengaruhi cara pandang dan cara berpikir seluruh element masyarakat. Hubungan keakrabatan antar etnis dan bahkan hubungan darah sekalipun terpisahkan oleh tembok modernisasi dan demokrasi hari ini. Hubungan keakrabatan dan kekeluargaan yang terjalin selama kurun waktu 1625 – 1819 (194 tahun) pun terputus hingga hari ini. Hubungan kekeluargaan antara dua kesultanan besar dikawasan Timur Indonesia yaitu Kesultanan Gowa dan Kesultanan Bima terjalin sampai pada turunan yang ke- VII. Hubungan ini merupakan perkawinan silang antara Putra Mahkota Kesultanan Bima dan Putri Mahkota Kesultanan Gowa terjalin sampai turunan ke- VI. Sedangkan yang ke- VII adalah pernikahan Putri Mahkota Kesultanan Bima dan Putra Mahkota Kesultanan Gowa. 


Berikut urutan pernikahan dari silsilah kedua kerajaan ini :
  1. Sultan Abdul Kahir (Sultan Bima I) menikah dengan Daeng Sikontu, Putri Karaeng Kasuarang, yang merupakan adik iparnya Sultan Alauddin pada tahun 1625. dari pernikahan ini melahirkan Sultan Abil Khair (Sultan Bima ke-II)
  2. Sultan Abil Khair (Sultan Bima ke- II) menikah dengan Karaeng Bonto Je'ne. Adalah adik kandung Sultan Hasanuddin, Gowa pada tanggal 13 April 1646. dari pernikahan ini melahirkan Sultan Nuruddin (Sultan Bima ke-III) pada tahun 1651.
  3. Sultan Nuruddin (Sultan Bima ke-III) menikah dengan Daeng Ta Memang anaknya Raja Tallo pada tanggal 7 mei 1684. dari pernikahan tersebut melahirkan Sultan Jamaluddin (Sultan Bima ke-IV)
  4. Sultan Jamaluddin (Sultan Bima ke IV) menikah dengan Fatimah Karaeng Tanatana yang merupakan putri Karaeng Bessei pada tanggal 8 Agustus 1693. dari pernikan tersebut melahirkan Sultan Hasanuddin (sultan Bima ke- V).
  5. Sultan Hasanuddin (Sultan Bima ke- V) menikah dengan Karaeng Bissa Mpole anaknya Karaeng Parang Bone dengan Karaeng Bonto Mate'ne, pada tanggal 12 september 1704. dari pernikahan ini melahirkan Sultan Alaudin Muhammad Syah pada tahun 1707 (Sultan Bima ke- VI)
  6. Sultan Alaudin Muhammad Syah (Sultan Bima ke- VI) menikah dengan Karaeng Tana Sanga Mamonca Raji putrinya sultan Gowa yaitu Sultan Sirajuddin pada tahun 1727. pernikahan ini melahirkan Kumala Bumi Pertiga dan Abdul Kadim yang kemudian diangkat menjadi Sultan Bima ke- VII pada tahun 1747. ketika itu beliau baru berumur 13 tahun. Kumala Bumi Pertiga putrinya Sultan Alauddin Muhammad Syah dengan Karaeng Tana Sanga Mamonca Raji ini kemudian menikah dengan Abdul Kudus Putra Sultan Gowa pada tahun 1747. dan dari pernikahan ini melahirkan Amas Madina Batara Gowa ke-II. Sementara Sultan Abdul Kadim yang lahir pada tahun 1729 dari pernikahan dari pernikahannya melahirkan Sultan Abdul Hamid (Sultan Bima ke- VIII). Sultan Abdul Hamid (La Hami) dilahirkan pada tahun 1762 kemudian diangkat menjadi sultan Bima tahun 1773.
  7. Sultan Abdul Kadim (Sultan Bima ke- VII) dari pernikahannya (Istrinya tidak terlacak oleh dalam referensi sejarah yang kami baca- mohon Maaf) melahirkan Sultan Abdul Hamid pada tahun 1762 dan Sultan Abdul Hamid diangkat menjadi Sultan Bima ke- VIII pada tahun 1773.
  8. Sultan Abdul Hamid (Sultan Bima ke- VIII) dari pernikahannya (Istrinya tidak terlacak oleh dalam referensi sejarah yang kami baca- Mohon Maaf) melahirkan Sultan Ismail pada tahun 1795. ketika sultan Abdul Hamid meninggal dunia pada tahun 1819, pada tahun ini juga Sultan Ismail diangkat menjadi Sultan Bima ke- IX
  9. Sultan Ismail (Sultan Bima ke- IX) dari pernikahannya (Istrinya tidak terlacak oleh dalam referensi sejarah yang kami baca- Mohon Maaf) melahirkan sultan Abdullah pada tahun 1827
  10. Sultan Abdullah (Sultan Bima ke- X) menikah dengan Sitti Saleha Bumi Pertiga, putrinya Tureli Belo. Dari pernikahan ini abdul Aziz dan Sultan Ibrahim.
  11. Sultan Ibrahim (Sultan Bima ke- XI) dari pernikahannya melahirkan Sultan Salahuddin yang kemudian diangkat menjadi Sultan Bima ke- XII pada tahun 1888 dan memimpin kesultanan hingga tahun 1917.
  12. Sultan Salahuddin (Sultan Bima ke- XII) sebagai Sultan Bima terakhir dari pernikahannya melahirkan Abdul Kahir II (Ama Ka'u Kahi) yang biasa dipanggil dengan Putra Kahi dan St Maryam Rahman (Ina Ka'u Mari). Putra Kahir ini kemudian Menikah dengan Putri dari Keturunan Raja Banten (Saudari Kandung Bapak Ekky Syachruddin) dan dari pernikahannya melahirkan Bapak Fery Zulkarnaen
Adalah sangat Ironi memang jika pada hari ini generasi baru dari kedua Kesultanan Besar ini kemudian tidak saling kenal satu sama lain. Bahkan pada zaman kerajaan, pertumbuhan dan perkembangan penduduk Gowa dan Bima merupakan Etnis yang tidak bisa dipisahkan dan bahkan masyarakat Gowa pada umumnya tidak bisa dipisahkan dengan Etnis Bima (Mbojo) sebagai salah satu Etnis terpenting dalam perkembangan kekuatan kerajaan Gowa. Dari catatan sejarah yang dapat dikumpulkan dan dianalisa, hubungan kekeluargaan antara kedua kesultanan tersebut berjalan sampai pada keturunan ke- IX dari masing-masing kesultanan, dan jika dihitung hal ini berjalan selama 194 tahun. Dari data yang berhasil dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa hubungan kesultanan Bima dan Gowa dengan pendekatan kekeluargaan (Darah) terjalin sampai pada tahun 1819. Analisa ini berawal dari pemikiran bahwa ada hubungan darah yang masih dekat antara Amas Madina Batara Gowa Ke- II anaknya Kumala Bumi Pertiga dengan Sultan Abdul Hamid (Sultan Bima ke- VIII). Karena keduanya masih merupakan saudara sepupu satu kali. Bahkan ada kemungkinan yang lebih lama lagi hubungan ini terjalin. Yaitu ketika Sultan Abdul Hamid meninggal pada tahun 1819 dan pada tahun itu juga langsung digantikan oleh putra mahkotanya yaitu Sultan Ismail sebagai sultan Bima ke- IX. Karena Sultan Ismail ini kalau dilihat keturunannya masih merupakan kemenakan langsungnya Amas Madina Batara Gowa Ke- II, jadi hubungan ini ternyata berjalan kurang lebih 194 tahun.

Pada beberapa catatan yang kami temukan, bahwa pernikahan Salah satu Keturunan Sultan Ibrahim (Sultan Bima ke- XI) masih terjadi dengan keturunan Sultan Gowa. Sebab pada tahun 1900 (pada kepemimpinan Sultan Ibrahim), terjadi acara melamar oleh Kesultanan Bima ke Kesultanan Gowa. Mahar pada lamaran tersebut adalah Tanah Manggarai. Sebab Manggarai dikuasai oleh kesultanan Bima sejak abad 17. Namun, pada catatan sejarah tersebut tidak tercatat secara jelas.


Join this site

Share 
http://peeepl.com/people/bima-mbojo

Tatakrama Pergaulan Di Kampus Dan Masyarakat



1. Pengertian

Tatakrama artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adat, sopan santun atau tindakan = etiket/etika, artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang telah menjadi tuntunan masyarakat dimanapun, kurun waktu kapanpun, terlepas setuju atau tidak. Tata juga diartikan suatu kebiasaan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang muncul karena terkondisinya rangkaian antara rangsangan/tantangan dan jawaban, kebiasan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang lahir dalam hubungan antar manusia dan telah disepakati. Ada kalanya kebiasaan itu tidak mudah dimengerti dengan akal-sehat. Jadi Tata krama artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah norma/ kebiasaan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang mengatur sopan santun, dan telah disepakati oleh lingkungan.
Contoh:
  • Mengucapkan terima kasih atas pertolongan/ kebaikan orang tua/orang lain.
  • Menerima pemberian orang dengan tangan kanan.
  • Berpenampilan baik dih artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adapan umum
  • Mengatakan maaf jika melakukan kesalahan

Mengapa perlu membiasakan untuk mengucapakan “terima kasih” 
Ada ungkapan ”Tidak artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang lebih membuat seseorang merasa dihargai selain sebuah catatan atau kartu pos atau hanya sekedar ucapan terima kasih”.
Menerapkan tata krama, rasa hormat, kesopanan, kebaikan dan perhatian akan membawa Anda bekerja atau berperilaku dengan baik. Bahkan seandainya Anda berpendapat bahwa tata krama tidak begitu penting, maka lakukanlah semata-mata karena tata krama akan membantu Anda mendapatkan (dan mempertahankan) pekerjaan, atau agar anda diterima dalam pergaulan hidup di masyarakat.
Tata krama artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik akan membuat orang lain merasa lebih nyaman dan ibarat membantu mengubah hutan tempat kita bekerja/bergaul menjadi sesuatu artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang lebih menyerupai sebuah taman. 

2. Manfaat Tata Krama 
  • Akan menambah rasa bangga dan mengingat
  • orang menjadi contoh, dengan sendirinya akan menjadi contoh baik dalam kehidupan
  • Kebiasaan tingkah laku terkontrol, tidak ragu-ragu bertingkah terbuka maka akan tumbuh dengan sendirinya rasa percaya diri.
  • Prilaku artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik akan menumbuhkan kelebihan dalam pendidikan dan pelatihan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang diikuti.
3. Tata Krama dan Etika

Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik.
Menurut para ahli maka etika tidak lain artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah aturan prilaku, artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang benar dan mana artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang buruk.
Pendapat O.P. SIMORANGKIR : Etika artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik.
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan suatu sistem artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, etika, protokoler dan lain-lain.
Maksud diterapakannya etika pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang terlibat agar mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang tengah dijalankan sesuai dengan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adat kebiasaan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.

4. Tentang Etika Ethics are ideas and beliefs about those things required to achieve good conduct. Etika artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah ide-ide dan keyakinan tentang hal-hal artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang dibutuhkan untuk mencapai perilaku artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik.
It is how to behave your self. Ini artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah bagaimana untuk berperilaku diri sendiri.
Social ethics has more to do with what is good and right for a society to do and how it should act as a whole. etika sosial lebih berkaitan dengan apa artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang baik dan benar bagi masyarakat untuk melakukan dan bagaimana harus bertindak secara keseluruhan.

5. Sumber Tata Krama Agama
  • Adat isti artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adat (budaya lokal)
  • Aturan-aturan pergaulan secara luas
  • Budaya Nasional
  • ”jika tata krama satu dengan lainnya berbenturan pilihlah artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang universal misalnya didasarkan agama”

6. Sanksi Moral dalam Tata Krama
  • Orang artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang melanggar tata krama/ sopan santun di masyarakat akan menimbulkan cercaan dan cemoohan kep artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang bersangkutan maupun kep artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada kelompoknya atau instansinya.
  • Demikian juga orang artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang menjunjung tinggi tata krama akan berdampak baik terh artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adap pribadinya, kelompoknya, atau instansinya.

7. Tata Krama Mahasiswa dengan Dosen
  • Mahasiswa sebagai masyarakat kampus/insan akademik (golongan terpelajar) artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang harus menjaga citra akademik. “JANGAN LEBIH RENDAH ETIKA INSAN TERPELAJAR DIBANDING MASYARAKAT AWAM”.
  • Biasakan selalu memberi salam lebih dulu kep artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada dosen bila bertemu, lebih baik jika dibiasakan berjabat tangan.
  • Jika berjabat tangan usahakan menatap muka dengan ramah, dan uluran tangan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang tegas.
  • Jika tidak berkenan berjabat tangan (karena bukan mukhrim) maka telungkupkan tangan di d artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada sejak awal, bungkukkan kepala dan ucapkan salam.
  • Menjaga perkataan dengan bahasa artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang sopan, jangan menggunakan bahasa dialek artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang kurang pantas.
  • Jika akan mengh artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adap dosen/DP untuk konsultasi/bertanya, perhatikan apakah dosen sedang berbicara dengan orang lain/tidak, sebaiknya menunggu.
  • Jika pembicaraan dosen tidak serius anda bisa menampakkan diri, sehingga dosen akan menyapa anda, baru anda katakan mau konsultasi/menyampaikan suatu pesan.
  • Biasakan senyum ramah dan menganggukkan kepala bila bertemu dosen, baik dalam ke artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adaan menyapa atau berpapasan ketika lewat.
  • Matikan ring HP (silent) saat kuliah agar tidak menggangu perkuliahan.
  • Jangan sekali-kali mencorat-coret bangku kuliah maupun tempat umum dengan kata-kata apapun, tuangkan pesan dan kreatifitas anda p artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada kertas, dan tempelkan di ruang publik artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada.
  • Mencorat-coret tidak p artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada tempatnya meski orang lain tidak tahu, itu mencerminkan anda sebagai pribadi artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang tidak terpelajar, tetapi lebih berperilaku jorok/kemproh atau sebagai orang artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang suka cari sensasi.
  • Biasakan membersihkan ruang kuliah, meja-kursi dosen, meskipun tidak artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada jadwal piket.
  • “jangan terjadi bangku-bangku kuliah lebih kotor dari meja anak TK/SD karena ulah tangan-tangan jahil mahasiswa”
  • Tidak membuat gaduh dalam kuliah, tidak ngomong sendiri, karena dosen akan selalu ingat dan mencatat setiap mahasiswa artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang dianggap menyepelekan/meremehkan dosen.*
  • Biasakan hidup disiplin, tepat waktu, taat hukum dan aturan umum, menghormati nilai-nilai agama dan menjunjung tinggi simbol-simbol negara kebangsaan.
  • Jangan berbuat konyol seolah dosen tidak mempedulikan sikap anda, karena p artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada suatu saat anda akan mengalami masalah dengan dosen artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang bersumber dari diri anda karena punya etika atau melanggar tata krama.* ”
Dosen selalu memahami kekurangan mahasiswa, tetapi sulit memaafkan jika mahasiswa tidak punya etika”

8. Tata Krama Mahasiswa Dengan Teman
  • Jangan mengolok-olok teman melebihi batas, meskipun hanya bergurau. Jaga citra sebagai insan terpelajar.
  • Jangan menyapa teman dengan julukan/ sebutan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang mendeskriditkan/ nama artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang tidak disukai.
  • Hindari ucapan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang merendahkan teman, ibaratkan anda sangat sakit hati jika dijelekkan namanya.
  • Menghormati ide, pikiran dan pendapat, hak cipta oran lain, dan hak milik teman dan warga kampus
  • Jangan berprasangka buruk terh artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adap teman tanpa fakta, apalagi karena hasutan/fitnah. Ingat
  • “jangan engakau menghina seseorang/kaum, jangan-jangan mereka lebih baik dari kamu”.
  • Menjaga perasaan teman sebagaimana kita tidak mau diejek.
  • Segeralah minta maaf lebih dulu jika terjadi kesalah pahaman atau perselisihan sesama teman, apa lagi dengan orang lain.
  • “terh artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adap orang artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang mau bersilaturahim, meminta maaf lebih dulu, itulah insan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang paling mulia kedudukannya”
  • biasakan menolong teman artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang membutuhkan; bisa materi, fasilitas, atau kebijakan artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang bisa diusulkan.
  • Pahami makna solidaritas
  • “hidup tidak selamanya benar dan mujur, suatu saat manusia butuh pertolongan orang lain”
  • Biasakan saling mengingatkan, jangan malah menertawakan karena kealpaan teman.
  • Biasakan bergaul dengan semua teman tanpa membeda-bedakan.
  • Sampaikan selalu pesan dari orang lain kep artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada teman artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang berhak, karena itu amanah, jangan menambah atau mengurangi, apalagi memanipulasi atau memutarbalikkan pesan.
  • “diantara ciri orang munafiq yaitu jika diberi amanah/kepercayaan maka ia ingkari”
  • Sampaikan sesuatu artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang salah artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah salah dan nyatakan sesuatu artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang benar artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id adalah benar, jangan menutup-nutupi karena artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada kepentingan pribadi.
  • Jika anda berjalan dengan teman, saudara, atau keluarga biasakan posisi perempuan ber artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id ada di posisi artikel ini disalin dari website http://blog.tp.ac.id yang telindungi (jika berjalan di jalur kiri posisi laki-laki di kanan, jika di jalur kanan posisi laki-laki di kiri, naik bus laki-laki di belakang, turun bus laki-laki duluan, menyeberang jalan laki-laki harus di posisi arah kendaraan lewat).
Artikel ini disalin dari :

Tips menjadi Mahasiswa Gaul


Cerita dan info teman kampus tentang tips menjadi mahasiswa gaul. Menjadi mahasiswa yang gaul di kampus sebenarnya bukan cita-cita, tetapi banyak teman kampus yang memiliki hobby atau bakat untuk itu. Mahasiswa gaul atau mahasiswa ngetop atau mahasiswa supel adalah mitos yang memiliki arti tertentu untuk sebagian teman kampus. Bahkan ada yang saling ngebetnya menjadi mahasiswa gaul hingga rela untuk mengikuti kegiatan kampus apa saja….dan terkadang juga beberapa  teman kampus cewek juga memiliki ketertarikan khusus untuk teman kampus cowok yang gaul.

Foto dan gambar Mahasiswa Gaul

Salah satu cara untuk menjadi mahasiswa gaul adalah  memperbanyak teman di kampus, tidak ada cara lain. Kamu semua harus pandai bergaul (makanya disebut mahasiswa gaul) dan tidak memilih-milih teman. Berikut tips sederhana menjadi mahasiswa gaul yang banyak teman di kampus :

Murah senyum

Murah senyum adalah cara sederhana dan paling ringan untuk menjadi mahasiswa gaul yang banyak teman. Namun, meskipun sederhana, murah senyum merupakan perbuatan sederhana yang ampuh memberikan manfaat besar. Tentu saja teman kampus tidak perlu tersenyum terus menerus, namun pancarkan motivasi bahwa teman kampus memang orang yang ramah dan ingin berteman dengan banyak orang. Karena pada umumnya, setiap orang ingin bergaul dan berteman dengan orang yang menyenangkan. Sekali lagi, senyuman yang sederhana, pancarkan aura keramahan, tidak arogan dan cemberut.

Sediakan simbol pergaulan : Permen
Permen adalah bahasa pergaulan. Seperti iklan sebuah permen, yang menyelipkan kata-kata pergaulan di bungkusnya. Ingat kan permen K*SS? Nah, ternyata untuk menjadi mahasiswa gaul yang banyak teman, tidak terlalu sulit. Permenmerupakan salah satu cara termudah dan cepat untuk memulai sebuah percakapan awal dengan teman baru. Tidak perlu khawatir karena percakapan singkat tersebut dapat menjadi awal untuk memulai percakapan-percakapan selanjutnya.

Standar Mahasiswa Gaul Banyak teman = Aktif di UKM (kegiatan ekstrakulikuler)
Untuk menjadi mahasiswa gaul yang banyak teman, bergabung dengan organisasi seperti UKM (unit kegiatan mahasiswa) adalah tips yang standar. Mau tidak mau, teman kampus harus mengikuti. Dan biasanya, seorang mahasiswa yang gaul, akan juga memiliki bakat berkumpul-kumpul dan beraktivitas. Jika kamu ingin banyak teman maka carilah kegiatan yang dapat menyalurkan bakat maupun minatmu tersebut. Kamu akan banyak menambah teman kampus di kegiatan itu. Selain itu, mengikuti kegiatan mahasiswa adalah tips alternatif untuk teman kampus yang merasa salah jurusan, lihat artikel tentang ini.

Carilah rumah kontrakan atau asrama daripada kost-kostan.
Rumah kost cenderung lebih individual dibanding rumah kontrakan dan asrama. Jadi untuk mempermudah menjadi mahasiswa gaul, teman kampus harus mencari asrama kampus atau rumah kontrakan untuk tempat tinggal. Untuk rumah kontrakan, karena suasana lebih familiar antar teman sesama kontrakan, kamu juga mudah mencari teman dari teman kontrakan kamu. Rumah kontrakan teman kampus juga mirip suasananya dengan asrama kampus yang biasanya menyediakan satu kamar untuk 2 atau 3 orang.

Satu tips terakhir jika teman kampus sudah merasa dirinya mahasiswa gaul dan banyak teman adalah tetaplah menjadi diri sendiri, just be your self, tidak perlu ikut-ikutan yang dilakukan teman kampus lainnya, terkecuali memang bernilai positif. Tips menjadi mahasiswa gaul banyak teman kampus ini dipersembahkan oleh temankampus.com, informasi dan cerita teman kampus.

Wassalam
abunawarbima@gmail.com

Cara Memilih Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi



Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depan.

Cara milih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jrurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda.

Selamat berjuang.
Sumber : organisasi.org

Tips Memilih Perguruan Tinggi & Jurusannya





Memilih jurusan kuliah memang membingungkan bagi sebagian besar orang terutama kalangan pelajar SMU yang akan lulus berkeinginan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan jurusan atau program studi yang akan diambil saat kuliah nanti untuk menghindari terbuangnya waktu, biaya dan tenaga seandainya salah mengambil jurusan. Kamu tentunya tidak ingin salah ambil jurusan kuliah bukan?

Baiklah, berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan jurusan kuliah nanti.

1. Sesuaikan Jurusan yang Ingin Diambil dengan Minat & Bakat. Pelajari bakat kamu sesungguhnya. Setiap individu pasti memiliki bakat, kelebihan atau kesukaan terhadap sesuatu. Jika kamu tidak suka menghitung janganlah mengambil jurusan matematika atau teknik sipil atau teknologi informasi. Silakan pilih jurusan yang bisa mengantarkan kamu meraih cita-cita.

2. Jangan Ikut-ikutan Teman. Karena kamu memiliki teman-teman akrab dan tidak ingin berpisah dengan mereka jadinya kamu kompak mengambil jurusan kuliah yang sama. Tidak masalah kamu barengan dengan teman untuk kuliah tapi tanyakan diri sendiri apakah kamu memiliki minat dan bakat yang sama dengan teman-temanmu yang lain.

3. Pertimbangkan Kemampuan Orang Tua Membiayai Kuliah. Yang tidak kalah pentingnya adalah biaya. Bicarakan dengan orang tua mengenai hal ini karena akan sangat menentukan lokasi perguruan tinggi yang akan kamu tuju, pengeluaran studi, biaya hidup dll. Akan lebih baik jika kamu kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya studi kamu.

4. Usahakan Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk bisa masuk PTN memang susah karena kamu harus menjalani sejumlah tes seleksi. Kuliah di PTN tentunya membuat biaya akan lebih murah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Namun hal ini tidak mutlak karena ada juga sejumlah PTN favorit yang memberlakukan biaya kuliah bahkan lebih tinggi dari PTS.

5. Pelajari PTN atau PTS yang Akan Kamu Tuju. Perhatikan latar belakang kampus yang menjadi target kamu mengenai kelengkapan sarana dan prasarana penunjang studi, kredibilitas dosen pengajar, reputasi kampus dan khusus untuk PTS perhatikan status program studi yang kamu minati apakah sudah terakreditasi atau belum. Status terakreditasi menunjukkan mutu PTS dalam menyelenggarakan program studi.

6. Peluang Karir di Masa Mendatang. Gali informasi sebanyak mungkin mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan jurusan kuliah kamu nanti terutama peluang karir ke depannya seperti apa. Kamu bisa bertanya kepada orang tua, saudara, teman senior atau browsing di internet.

7. Kuliah Pilih Sarjana atau Diploma? Baik Sarjana maupun Diploma memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jurusan Diploma akan menghasilkan pelajar yang siap sepenuhnya terjun di dunia kerja namun tanpa gelar sementara kuliah Sarjana akan menghasilkan pelajar yang memiliki gelar namun belum tentu siap kerja. Sekarang terserah kamu untuk menentukan tentunya dengan pertimbangan yang matang.

Semoga pertimbangan di atas bisa membantu kamu dalam menentukan arah pendidikan kamu ke depannya. Yang pasti apapun jurusan yang kamu pilih hendaknya ditekuni betul untuk mencapai cita-cita.

Wassalam
abunawarbima@gmail.com

Cara Belajar Agar Tidak Suntuk



Jadwal ulangan dan beragam aktivitas kita di Sekolah bikin jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuatmu jenuh.

Memang cukup menyulitkan jika kita berusaha keras mengembalikan mood, entah itu mood belajar atau sekadar membuatmu sedikit rileks. Terlalu fokus belajar bisa membuatmu pusing tujuh keliling, ha ha ha segitunya

Dari berbagai nara sumber ada beragam cara untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut, antara lain tips berikut ini semoga bisa mengatasi rasa jenuh :

1. Lantunan Musik.
Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan.

2. Perpustakaan.
Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkanmu mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajarmu.

3. Belajar lebih awal dan teratur.
Belajar lebih awal maksudnya yaitu kamu sudah mempelajari materinya lebih dulu sebelum pelajaran itu dimulai. Keuntungannya, kamu bisa menanyakan pada pengajar, jika ada soal yang membuatmu bingung. Selain itu, kamu bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam ujian atau apalah kamu pasti yang terdepan.

4. Pilih teman belajar.
Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman loh. Untuk itu, kamu harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajarmu. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi. Soalnya, kadang teman yang rangking tinggi dikelas belum tentu enak diajak diskusi, betul tidak?

5. Bersenang-senang dalam belajar.
Anggap saja belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika mata pelajaran itu tidak kita sukai, atau pengajarnya yang nyebalin. Untuk itu, kamu perlu memotivasai dirimu untuk tetap tertarik dan bersemangat, bersenang-senang saja dengan pelajaran yang susah itu.

Semoga lima point tip dan trik tersebut diatas berguna untuk kita semua, selamat belajar dan tetap semangat.
abunawarbima@gmail.com

Kiat Belajar Yang Menyenangkan



Ada sebagian dari kita yang merasa kesulitan dalam mata pelajaran, memang kelihatannya sih banyak juga soal bimbingan belajar banyak menawarkan bimbingan mata pelajaran. Dari kesimpulan itu, sepertinya para pelajar sekarang membutuhkan suatu motivasi, atau dorongan yang bisa membawa mereka agar merasa mudah dan enjoy dalam mengerjakan pelajaran.
Perlu diingat bahwa semua itu ga ada yang instan, harus secara bertahap, karena otak manusia lebih mampu menyerap sesuatu yang sedikit demi sedikit daripada langsung banyak. 

Berikut ini adalah tips agar anda enjoy dalam belajar sekaligus dapat belajar dengan efektif.
  1. Sebelum belajar ada baiknya makan dulu agar otak dapat berpikir dengan baik, jangan terlalu sedikit, jangan terlalu kenyang pula, agar dapat berpikir maksimal.
  2. Santai dalam aktivitas belajar, jangan anggap belajar sebagai momok yang harus ditakuti, membayangkan bahwa belajar itu membosankan. Hilangkan pikiran itu dari pikiran anda. Karena jika anda belajar dalam pikiran yang negatif, maka pikiran anda akan tertutup. Cobalah buka pikiran anda, hilangkan semua masalah-masalah lain yang tidak berkaitan dengan aktivitas belajar dari pikiran anda, misalnya masalah pacaran, ada sms, dll. Cobalah untuk fokus dalam memahami apa yang anda baca dan apa yang anda kerjakan.
  3. Jangan belajar tanpa refreshing. Kadang-kadang banyak orang yang mengartikan bahwa belajar terus-menerus itu sangat bagus dan bisa mendapatkan prestasi yang baik. Pendapat itu tidak benar. Belajar yang terus-menerus dapat membuat kita lebih cepat bosan dan lelah. Sebaiknya istirahat apabila capek, jangan diforsir, jangan belajar juga, mulailah belajar kembali apabila badan sudah fit lagi, dan siap untuk menerima pelajaran.
  4. Jangan terlalu banyak berbicara, bicaralah yang penting saja, karena seperti pepatah mengatakan “tong kosong berbunyi nyaring”. Jadi dalam belajar coba ciptakan suasana yang anda senangi. Misalnya suasana hening, atau sambil :musik atau suasana apa saja yang ga bikin kita :bosen sampai :ngiler .
  5. Pikirkan bahwa diri anda bisa mengerjakan soal apapun yang diberikan. Pikiran yang menyatakan ketidakbisaan dapat menyebabkan ketidakbisaan pula. Jadi “You Are What You Think” alias anda adalah apa yang anda pikirkan. Jangan merasa bahwa diri anda terlalu pandai karena dapat menyebabkan menyepelekan masalah, namun jangan pula merasa bahwa diri anda terlalu bodoh, hal itu dapat menyebabkan anda minder dan tidak dapat memahami pelajaran yang anda pelajari.
  6. Buat jadwal belajar seenjoy mungkin, jangan merasa diikat. Karena belajar yang enjoy itu dapat lebih bisa diterima pikiran daripada belajar yang terlalu serius. Misalnya belajar kita jangan dibatasi harus 2 jam atau minimal berapa jam, yang penting belajar dan paham, itu lebih baik. Tapi syaratnya harusFOKUS tadi.
  7. Cobalah banyak latihan menghadapi soal-soal dan Jangan Pernah Memakai Kalkulator. Anak SD aja diajari ga pakai kalkulator agar otak mereka lebih sering terasah. “Setajam apapun pedang tapi kalau ga pernah diasah lama-lama akan tumpul”. Begitu pula otak manusia. Jadi, simpan kalkulator di laci, dan mulailah menyelami ke lautan pengerjaan soal. Jika kamu masih belum fokus, coba kamu cuci muka dulu deh, ntar belajar lagi. Selain itu, cobalah kamu luangkan waktu untuk mengotak-atik soal yang kamu kerjakan, soal yang sulit juga, agar otakmu selalu terasah sehingga lebih mudah ingat, dan kalau terbiasa kamu bisa mengerjakan tanpa menulis caranya, tapi syaratnya jangan :ngiler .
  8. Terapkan pada kenyataan yang sebenarnya. Nah, ini untuk pelajaran-pelajaran yang nyata, dan tidak abstrak. Maksudnya, cobalah memahami materi denganmembayangkan kejadian di kehidupan nyata, atau pahami dengan alat peraga yang ada di pikiranmu. Misalnya jika anda membayangkan tentang pelajaran fisika tentang bola yang dilempar ke atas. Jangan anda hanya mengingat rumus-rumusnya, namun juga pahami ada apa di balik itu.
  9. Perhatikan apabila guru sedang menerangkan. Ketika kita fokus dan memperhatikan, kita secara tidak langsung telah belajar bertahap, dan apabila belum jelas, jangan pernah takut untuk bertanya.
  10. Jangan hanya mengandalkan cara guru dalam menyelesaikan masalah. Karena guru juga manusia, sehingga setiap orang dapat memilih jalan yang berbeda apabila hasilnya sama benar, itu dapat membuat anda lebih aktif dan kreatif. Bukan tidak mungkin anda dapat mengalahkan guru anda (maksudnya anda dapat membenarkan apabila guru anda salah, itu dapat membuat anda lebih kreatif)
  11. Nah, mungkin tips itu ada yang tidak cocok bagi anda, jangan khawatir. Karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk belajar. Mungkin dengan tips ini anda bisa lebih terbantu mengerjakan soal secara cepat dan tepat. Ingat, untuk sukses tidak diraih dengan instan, namun dengan proses, maka berfokuslah pada proses, OK!
Semoga tulisan ini berguna untuk saya dan pembaca lainnya

Wassalam
abunawarbima@gmail.com

Tips Memilih & Pengaruh Teman Bergaul



Teman bergaul dan lingkungan yang Islami, sungguh sangat mendukung seseorang menjadi lebih baik dan bisa terus istiqomah. Sebelumnya bisa jadi malas-malasan. Namun karena melihat temannya tidak sering tidur pagi, ia pun rajin. Sebelumnya menyentuh al Qur’an pun tidak. Namun karena melihat temannya begitu rajin tilawah Al Qur’an, ia pun tertular rajinnya. 
Perintah Agar Bergaul dengan Orang-Orang yang Sholih
Allah menyatakan dalam Al Qur'an bahwa salah satu sebab utama yang membantu menguatkan iman para shahabat Nabi adalah keberadaan Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam di tengah-tengah mereka. 


Allah Ta’ala berfirman,
وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنْتُمْ تُتْلَى عَلَيْكُمْ آَيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ"

Bagaimana mungkin (tidak mungkin) kalian menjadi kafir, sedangkan ayat-ayat Allah dibacakan kepada kalian, dan Rasul-Nyapun berada ditengah-tengah kalian? Dan barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus." (QS. Ali 'Imran: 101).
Allah juga memerintahkan agar selalu bersama dengan orang-orang yang baik. 

AllahTa’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا" اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur)." (QS. At Taubah: 119).
Berteman dengan Pemilik Minyak Misk
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita agar bersahabat dengan orang yang dapat memberikan kebaikan dan sering menasehati kita.

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً“

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa)
Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan, “Hadits ini menunjukkan larangan berteman dengan orang-orang yang dapat merusak agama maupun dunia kita. Dan hadits ini juga menunjukkan dorongan agar bergaul dengan orang-orang yang dapat memberikan manfaat dalam agama dan dunia.
Memandangnya Saja Sudah Membuat Hati Tenang
Para ulama pun memiliki nasehat agar kita selalu dekat dengan orang sholih.

Al Fudhail bin ‘Iyadh berkata,
نَظْرُ المُؤْمِنِ إِلَى المُؤْمِنِ يَجْلُو القَلْبَ“

Pandangan seorang mukmin kepada mukmin yang lain akan mengilapkan hati.Maksud beliau adalah dengan hanya memandang orang sholih, hati seseorang bisa kembali tegar. Oleh karenanya, jika orang-orang sholih dahulu kurang semangat dan tidak tegar dalam ibadah, mereka pun mendatangi orang-orang sholih lainnya.
‘Abdullah bin Al Mubarok mengatakan, “Jika kami memandang Fudhail bin ‘Iyadh, kami akan semakin sedih dan merasa diri penuh kekurangan.”
Ja’far bin Sulaiman mengatakan, “Jika hati ini ternoda, maka kami segera pergi menuju Muhammad bin Waasi’.
Ibnul Qayyim mengisahkan, “Kami (murid-murid Ibnu Taimiyyah), jika kami ditimpa perasaan gundah gulana atau muncul dalam diri kami prasangka-prasangka buruk atau ketika kami merasakan sempit dalam menjalani hidup, kami segera mendatangi Ibnu Taimiyah untuk meminta nasehat. Maka dengan hanya memandang wajah beliau dan mendengarkan nasehat beliau serta merta hilang semua kegundahan yang kami rasakan dan berganti dengan perasaan lapang, tegar, yakin dan tenang”.
Lihatlah Siapa Teman Karibmu!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ“

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2/344, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ 3545).

Al Ghozali rahimahullah mengatakan, “Bersahabat dan bergaul dengan orang-orang yang pelit, akan mengakibatkan kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang zuhud, membuat kita juga ikut zuhud dalam masalah dunia. Karena memang asalnya seseorang akan mencontoh teman dekatnya.
Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih teman bergaul. Jauhilah teman bergaul yang jelek jika tidak mampu merubah mereka. Jangan terhanyut dengan pergaulan yang malas-malasan dan penuh kejelekan. Banyak sekali yang menjadi baik karena pengaruh lingkungan yang baik. Yang sebelumnya malas shalat atau malas shalat jama’ah, akhirnya mulai rajin. Sebaliknya, banyak yang menjadi rusak pula karena lingkungan yang jelek.
Semoga Allah mudahkan dan beri taufik untuk terus istiqomah dalam agama ini.

Disusun di Sakan 27, KSU, Riyadh, KSA, pada 26 Syawal 1431 H (4/10/2010)
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

abunawarbima@gmail.com

Virus Dalam Tekhnologi Hand Phon




RACUN DAN VIRUS PULSA ASMARA hati2...buat semua ..semoga posting ini bermanfaat!

Saat teknologi telepon semakin canggih, harga pesawat telepon dan perangkat elektronik semakin murah, serta jaringan pemasaran distribusinya sudah merambah hingga pelosok-pelosok daerah, maka penyakit itu pun semakin rapat mengepung kita

Apa yang ditampilkan di kamera, itulah keadaan lawan bicara kita yang sesungguhnya. Gambar si dia yang sedang manja, senyumnya yang menggoda, desah suaranya yang membuat terlena, dapat dengan mudahnya dinikmati dengan fasilitas komunikasi semacam ini.




Anak-anak sekolah dengan penuh bangga da nbahagia memanfaatkan fasilitas kecanggihan HP terbaru. Tanpa sadar, mereka telah terjebak. Virus dan racun telah merasuki dirinya. Ia terus menjalar dan menyerang benteng-benteng keimanan

Mereka sudah dapat merasakan indahnya janji dan harapan, hangatnya pembicaraan, mesranya rayuan, serta manisnya pujian. Sukma mereka pun serasa melayang-layang. Pada akhirnya untuk terjerumus ke dalam hubungan yang lebih gelap akan dengan sangat mudah terjadi. Akibatnya, dua sejoli yang tadinya hanya membangun hubungan dengan jaringan HP, telepon, atau internet saling berjanji untuk bertemu. Mereka tergoda untuk "mengenal lebih dekat". Janji dan pertemuan pun terjadi, awalnya dengan sembunyi-sembunyi itu pun dilakukan di luar rumah, pertemuan pertama menyisakan rasa penasaran yang menggelitik kalbu. Syetan pun tak tinggal diam. Ia dengan gencar menggoda untuk bertemu yang kedua kali dan seterusnya. Bahkan dengan terang-terangan datang/apel ke rumah. Sebagaiman yang dikatakan oleh seorang penyair:

Berawal dari pandangan, lalu senyuman Kemudian salam, disusul pembicaraan Lalu berakhir dengan janji dan pertemuan. Syetan dan iblis pun tertawa lebar. Mereka terus mengipasi api asmara yang sedang membara hingga membakar keduanya. Kemudian kedua sejoli terlena melanggar arena terlarang dan menjamah sutra haram, wal iyadzubillah. Akhirnya banyak wanita remaja yang menjadi mangsa panas asmara. Mereka benar-benar menjadi korban permainan api cinta.

Anak-anak ABG, bahkan yang telah dewasa sekalipun dengan mudah terjebak dalam kubangan lumpur kehinaan semacam ini. Apalagi kalau sudah tidak memiliki filter agama yang kuat. Maka pada ahirnya hubungan bebas oleh dua pasangan yang belum semestnya, semakin mudah dilakukan. Akibatnya adalah aib, kehormatan melayang, serta suramnya masa depan.





Maka, wahai para pemuda dan pemudi, para orang dewasa dan orang tua, renungkanlah secara mendalam akan bahaya dari racun asmara dan virus pulsa serta khalwah elektronik!

PENANGKAL RACUN DAN VIRUS PULSA ASMARA

Berikut ini saya akan mencoba memberikan beberapa solusi agar racun da nvirus pulsa tidak mudah menyerang diri kita dan keluarga. Ini beberapa resep penangkalnya, semoga dapat membantu kita:

  • Membentengi keluarga dengan aqidah yang shahih dan akhlak mulia. Jangan bosan dan menyerah untuk mengajak keluarga menuntut ilmu syar'i dan mengamalkannya.
  • Tanamkan kepada keluarga bahwa pergaulan bebas adalah jerat-jerat syetan yang bahaya da nkerugiannya nyata di dunia, dan adapun di akhirat akan mendapat adzab Allah yang sangat pedih.
  • Para orang tua hendaknya bijaksana dalam memenuhi peermintaan anak-anaknya yang merengek minta dibelikan HP atau komputer multimedia. Karena dari dua media tersebut sangat mudah virus-virus itu menyebar. Gambar dan film porno, komunikasi bebas, akan dengan mudah didapatkan dan dijalin melalui media ini.
  • Hendaknya mendampingi dan mengawasi ketika anak menggunakan jaringan internet.
  • Jangan letakkan komputer multimedia di kamar pribadi anak. Usahakan komputer diletakkan di ruang keluarga yang mudah diawasi penggunaannya.
  • Usahakan agar anak-anak tidak memliki HP. Kalau si anak memang perlu untuk dibawa keluar lebih baik dipinjami milik orang tua.
  • Kalau memang harus membelikan HP kepada anak maka hendaknya dibelikan sesuai dengan kebutuhan yang utama.
  • Para pemuda dan pemudi yang sudah siap menikah, hendaknya bersegera. Jangan ditunda! Jangan ciptakan ruang untuk berpacaran.
  • Para orang tua hendaknya mendukung keinginan anak-anaknya yang menyatakan sudah sanggup untuk menikah.
  • Mengawasi teman bergaul anak-anak kita dan bersikap selektif dalam memilihkan teman bergaul untuk mereka. Jangan biarkan mereka keluar rumah tanpa kontrol apalagi keluar dengan teman lawan jenis.
Semoga tulisan ini berguna untuk kita semua

Wassalam
abunawarbima@gmail.com

Fakta Unik Tentang Menangis



Jakarta (ANTARA News) - Setiap orang memiliki pengalaman menangis dalam hidup mereka. Mulai dari hari pertama mereka lahir, mereka sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata.

Menangis biasanya terjadi ketika seseorang merasa terluka baik secara fisik ataupun mental, atau ketika seseorang merasa sangat senang. Singkatnya, menagis merupakan sebuah cara untuk mengungkapkan sebuah emosi.

Secara umum, orang akan sepakat bahwa wanita menangis lebih banyak ketimbang pria. Masyarakat telah membentuk opini bahwa wanita lebih emosional dan dekat dengan suatu hal yang membuat lebih mudah bagi wanita untuk mengeluarkan air mata dan mulai menangis.

Ada banyak fakta unik dan menarik mengenai menangis yang anda belum ketahui. Menurut laman Fit Sugar, setidaknya ada delapan fakta mengenai menangis yang menyimpulkan beragam penelitian mengenai menangis.

1. Sebanyak 85 persen wanita dan 73 persen pria mengaku bahwa perasaan marah dan sedih itu akan berkurang setelah menagis. Seperti diketahui, air mata tak hanya diproduksi oleh perasaan emosional saja. Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, sehingga penyebab lain seperti iritasi dari mata dan menguap akan memicu meningkatnya produksi air mata. Tetapi meskipun keduanya memproduksi air mata, air mata emosional dan air mata disebabkan oleh iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.

2. Jika wanita dianggap mudah menangis, mungkin hal itu benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali setahun sementara pria hanya tujuh kali setahun. Tetapi hal ini tidak hanya dikarenakan wanita dianggap lemah secara emosional ketimbang pria, tetapi untuk fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada pria memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yand ada pada wanita. Sementara pada bayi, durasi normal dari tangisan mereka adalah antara satu hingga tiga jam sehari.

3. Tentunya kita tak bisa memprediksi kapan kita akan menagis karena kita tentunya tak dapat memprediksi emosi kita. Tetapi menurut penelitian, sebenarnya ada jeda waktu ketika orang sering menagis. hal itu diketahui bahwa waktu ketika orang paling banyak menagis adalah antara pukul 7 malam hingga 10 malam.

4. Tak hanya pada saat ketika kebanyakan orang menangis yang diketahui saja, tetapi juga durasinya. meskipun perasaan itu akan berakhir setelahnya, kebanyakan orang akan menghabiskan rata-rata enam menit setiap kali mereka menagis.

5. Jika anda merasa menahan dan malu untuk mengeluarkan air mata, tampaknya harus anda pikirkan lagi, menurut para pakar, menangis tak hanya merupakan respon tubuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi, tetapi juga menyehatkan.

6. Mungkin anda tahu bahwa menangis merupakan cara untuk melepaskan stres emosional. hal ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan, karena stress dapat memberikan dampak negatif terhadap satu kesehatan, Dari hasil penelitian, diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk memerangi stress.

7. Jadi mengapa sering stres dikatakan memiliki dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Diketahui bahwa stres mampu meningkatkan resiko dari serangan jantung dan kerusakan otak. begitu juga menangis yang bisa menyehatkan, dimana tangisan itu bisa memulihkan sebuah stres.

8. Kemampuannya untuk memulihkan stres tak hanya merupakan manfaat kesehatan dari menangis. Para pakar mengatakan bahwa menagis dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung dan menciptakan reaksi yang baik untuk perawatan.

Dari penjelasan diatas, Anda dapat melihat bahwa sebenarnya menagis itu memiliki banyak manfaat. jadi, lain waktu anda merasa mau menagis, jangan ragu atau merasa malu untuk mengungkapkan perasaan anda, siapapun anda wanita atau pria, karena anda akan memperoleh banyak manfaat seterutama untuk kesehatan anda.(yud)
Editor: Desy Saputra

Streaming On Line Channel TV





TV Online Indonesia


Buffer 1 s/d 100% berjalan adalah penanda jaringan terkoneksi dengan baik dan
jika channel tv  tidak respons (buffer:0%), silakan tekan F5 (keybord)
Selamat menyaksikan acara kesayangan Anda





CARA GABUNG DENGAN RADIO ONLINE BIMA FM



Cukup banyak teman-teman menanyakan bagaimana cara mendengarkan siaran online BimaFm yang dipancarkan dari daerah Bima, silakan ikuti panduan berikut ini:

Tahap 1 : Sebaiknya instal dulu Winam Player atau Real Player di PC Anda (saya sendiri menggunakanwinam player) silakan download winam player gratis  klik disini, dan bila ingin download real player silakan : klik ini

Tahap 2 : Pada kotak pencarian silakan ketik : http://www.radio.mediax9.com/  atau biar gak ngeribetin anda bisa langsung 
klik disini




Tahap 3 : Stelah anda berhasil sharing dengan BimaFm dengan tampilan seperti diatas, silakan clik www.radio.mediax9.com seperti terlihat gambar dibawah ini




Tahap 4 : ada sejumlah radio online yang muncul (lihat gambar) dan  karena anda ingin mendengarkan radio BimaFM, clik gambar bimafm dan anda bsudah bisa langsung mendengarkan siarannya tapi ingat!! radio bimafm siarannya mulai jam 10.00 wib, sambil menunggu, coba aja dulu radio lainnya he he.



Tahap 5 : Masih banyak yang nanya juga nih : Kok kagak kedengaran suaranya? Nah itu dia, dari awal kan sudah dijelaskan, anda harus instal dulu winam player atau real player karena stroming radio ini berjalan pada player tersebut, jika anda sudah instal winam player tapi masih tetap gak suport? coba deh mainkan dulu winam playernya dengan  musik yang ada di pc anda apakah sudah jalan?, bisa saja instalnya belum benar atau alternatif deh cara berikut ini :

1. Buka winamp player Anda.
2. Klik File -> Add URL




3. Masukkan alamat streaming Radio bima fm : http://www.radio.mediax9.com/ dan pilih radio bimafm





4. Klik Play dan Anda bisa nikmati siaran radio online bimafm






Selamat mendengarkan siaran Radio bima fm, anda bisa requis lagu via sms, atau berintraksi lansung dengan penyiarnya by telephon, wouuuu.... kini dunia digenggaman anda, jarak dan jurang bukanlah penghalang. 
Aku sendiri sudah requis / mengirm lagu sendiri, halo bima fm? diputar donk!  
http://www.4shared.com/mp3/UtcPzjBl/ADE_MARA_WORA.html?refurl=d1url
http://www.4shared.com/mp3/ebT-vtqQ/TAHOJA_ADEMU.html?refurl=d1url
http://www.4shared.com/mp3/KPIu18vc/AINA_NGOHO.html?refurl=d1url
http://www.4shared.com/mp3/ILuHXbzr/MORI_NDAI_DI_DUNIA.html?refurl=d1url
http://www.4shared.com/mp3/yIpj_8Ye/RAHO_DI_RUMA.html?refurl=d1url
http://www.4shared.com/mp3/2OVsWyfb/MAI_TA_JOGE.html?refurl=d1url

Silakan anda login facebook dan add bimafm, kenapa mesti facebook? yah anda bisa tetap chating ria atau melakukan aktifitas lain di facebook sambil mendengarkan siaran radio bimafm he he
Selamat mecoba!!!!.


Wassalam
Abunawar itu bob Anwars
hp: 081585446446 - 087888367610
Sialakan add my fb bob_anwars@yahoo.co.id atau abunawar_bima@yahoo.co.id
bimaitumbojo.blogspot.com atau mantika-studio.blogspot.com