WANITA DAN KECANTIKANNYA


“Kecantikan seorang wanita dapat dilihat melalui matanya, karena mata adalah pintu menuju hatinya, tempat dimana cinta bersemayam.”


Berbicara tentang kecantikan seperti halnya membicarakan wanita itu sendiri, hubungan yg begitu eratnya. Wanita adalah makhluk kompleks dengan jutaan kelebihan dan kekurangan yg diciptakan Tuhan dgn berbagai keajaiban yg menjadikan kehidupan di bumi ini dapat tetap berjalan sesuai rencana indahNya.

Cantik merupakan bagian dari keindahan bukan hanya keindahan dari luar / fisik. Tapi juga dari dalam / inner beauty dalam artian hati, akal, dan pikiran. Tidak salah jika sesuatu yang indah – indah banyak menarik perhatian setiap orang khususnya kaum hawa yang selalu ingin tampil cantik dan kaum adam yang sebagian besar terkadang memilah dan memilih dalam mencari pasangan hidup tepatnya perfectionis (cantik, baik, sholehah, kaya) padahal Allah SWT menciptakan manusia adalah dalam bentuk yang paling sempurna sudah sepatutnya kita bersyukur dan menjaga apa yang sudah di berikan oleh-Nya.

Dalam merawat atau menjaga yang sudah di anugerahkan allah SWT kepada kita tentunya tidak boleh berlebihan.
Terjemahan surat At-Tin (4) yang bermakna : Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Cantik Itu Relatif?

Cantik itu relatif? Ah…, masa iya? Setujukah Anda? Beberapa orang pasti mengiyakan, tetapi yang lainnya mungkin menjawab: “No…No…No…!” Nah lho…
Tidak ada aturan baku untuk menilai kecantikan seseorang, karena memang relatif!
Yang pertama yaitu cantik yang relatif-subyektif. Dan yang kedua yaitu cantik yang relatif-obyektif.

Apa bedanya?

Bila Anda mengatakan, “Pacar saya cantik!” Orang lain belum tentu setuju dengan pernyataan Anda. Atau bahkan tidak setuju sama sekali. Mungkin bagi orang lain pacar Anda itu biasa saja, alias tidak cantik. Itulah contoh dari perkataan cantik yang relatif-subyektif. Dikatakan relatif karena tergantung dari sudut mana saya dan orang lain memandang. Dan dikatakan subyektif karena ada pengaruh emosi pribadi yang belum tentu sama dirasakan oleh orang lain.

Contoh lain apabila kita melihat figur artis ato seseorang yang memang secara naluriah orang dapat mengatakan dengan gampang bahwa ia adalah sosok wanita yang cantik…contohnya “Rossa itu cantik!” Walaupun mulanya bersifat subyektif, tetapi saya yakin (kebanyakan dari) Anda akan setuju dengan pernyataan saya barusan. Walaupun mungkin ada juga yang mengatakan bahwa dia itu biasa saja. Itulah contoh perkataan “cantik yang relatif-obyektif.” Dikatakan relatif karena tergantung dari segi apa kita menilai cantik tidaknya si Rossa itu. Dan dikatakan obyektif karena kenyataannya memang dia cantik, di mana tak hanya penilaian emosi pribadi saya saja yang mengatakan itu, tetapi kebanyakan orang lainpun menyetujuinya secara jujur tanpa paksaan.

Memang sih bila dipikir-pikir sulit juga membedakan antara cantik yang relatif-subyektif dan cantik yang relatif-obyektif. Karena keduanya memang relatif. Daripada berpolemik membahas benarkah cantik itu relatif atau tidak yang semua itu pada akhirnya dikembalikan lagi kepada masing-masing orang dalam menetapkan kriterianya simak aja deh lanjutan tulisan ini….^_^

Versi kecantikan menurut kaca mata Pria

Penilaian seorang pria dengan mengatakan istrinya cantik, walau tak cantik, itu karena selera dia seperti itu. Dan, selera tiap lelaki itu berbeda, tergantung cara dan sudut pandang dia menilai wanita. Bisa juga tergantung atau menandakan kecerdasan memilih dan menentukan pasangan.

Jadi ingat syair Iwan Fals lagu jadul yang seringkali membuat kita tersenyum disaat mendengarkannya: “Wajah cukup lumayan, dapat poin enam… Kalau Nona berjalan rembulan pun padam. Ku suka kamu, sungguh suka kamu. Kuperlu kamu, sungguh perlu kamu.” Padahal pada syair sebelumnya di lagu yang sama, ada kalimat “Gampang naik darah…omong tak mau kalah….”

Lain lagu jika kita mendengarkan lirik lagu “Kartika”-nya Ahmad Albar, saya juga patut mengacungi jempol: “Wajahnya biasa saja…, ya hanya sedap dipandang mata. Yang buat kujatuh hati kau mau tahu apanya…. Cintanya tak pernah dibagi-bagi….” Anda sudah paham maksud saya? Selera tokoh pria dalam lagu-lagu tersebut sangatlah berbeda.

Cantik itu dambaan kaum hawa

Setiap kaum hawa pasti selalu mendambakan kecantikan dan akan berusaha untuk menggapainya bahkan mereka rela berkorban melakukan segalanya demi mengubah dirinya dengan kecantikan imitasi yang sebenarnya hanyalah bersifat semu dan dapat hilang dalam sekejap. Sesuai fitrahnya setiap wanita ingin tampil cantik di manapun, kapanpun dan dalam setiap kesempatan. Ini merupakan kodrat wanita yang tidak dapat di pungkiri baik remaja , dewasa ataupun usia senja. Tapi perlu diketahui bahwa kecantikan tidak datang dengan sendirinya karena kecantikan yang sudah di miliki akan berkurang jika tidak di lestarikan.

“Kecantikan adalah yang kamu rasakan dari dalam dan memancar dari mata kamu. Bukan sesuatu yang bersifat fisik”

Kecantikan luar dan dalam

Kecantikan fisik saja belum sempurna jika tidak diimbangi dengan kecantikan dari dalam (inner beauty). Sekilas wanita yang berpenampilan sederhana saja bisa menjadi wanita yang sangat menarik bila dipoles dengan kecantikan dari dalam, sebaliknya seorang wanita yang begitu cantik secara fisik bisa menjadi sangat tidak menarik bila tidak diimbangi dengan kecantikan dari dalam (inner beauty). Sering kita temui dalam kehidupan ini seorang wanita yang tidak begitu cantik parasnya tetapi memiliki keindahan akhlak serta kepribadian yang dimilikinya akan lebih berkesan manis bila di bandingkan dengan wanita yang cantik parasnya tapi tidak baik akhlak dan pribadinya.
Keindahan itu ada dua macam yaitu keindahan batin dan keindahan lahir .

Keindahan batin (inner beauty)

Keindahan batin (inner beauty) adalah keindahan yang di cari karena esensinya seperti keindahan ilmu, akal pikiran, dan kesucian diri, keindahan batin ini mampu menghiasi keindahan lahir sekalipun tidak indah. Orang yang memilliki keindahan batin akan terllihat indah, mulia dan penuh karisma tergantung seberapa jauh sifat-sifat itu tertanam di dalam ruhnya. Keindahan batin merupakan nikmat Allah SWT yang paling besar yang di anugerahkan kepada hamba-Nya.

Keindahan lahir (outer beauty)

Keindahan lahir (outer beauty) adalah keindahan fisik yang begitu nyata dan tampak dari luar, keindahan lahir juga merupakan nikmat dari Allah SWT. Jika kita syukuri dengan bertakwa dan menjaganya maka akan semakin menambah keindahanya, namun apabila keindahan ini digunakan untuk mendurhakai-Nya, maka sesungguhnya apa yang tampak indah di dunia akan berubah. Sebab pada saatnya keindahan lahir perlahan lahan meredup lalu sirna.
Sehingga pada akhirnya untuk mewujudkan keindahan yang sebenarnya harus ada keseimbangan antara keindahan batin/dari dalam (inner beauty) dan keindahan lahir/dari luar (outer beauty).

Cantik, kata itulah yang selalu terlintas dalam pikiran setiap wanita ketika melihat bintang Hollywood ataupun wanita lain yang lewat di depan mereka. Mind set itulah yang menjadikan mereka selalu merasa tidak cantik bila dibandingkan orang lain. Padahal, setiap orang lahir dengan kecantikan masing-masing. Setiap orang terlahir cantik dengan segala kekurangan ataupun kelebihannya. Hal itu dibuktikan dengan adanya pernyataan yang menyatakan bahwa wanita adalah sumber inspirasi. Segala hal yang ada dalam diri wanita dari ujung kepala hingga ujung kaki sangatlah cantik dan menarik.

Apakah anda termasuk orang yang kurang percaya diri dengan apa yang ada dalam diri kalian dan merasa orang lain lebih cantik dari anda? Mulai saat ini, buang pikiran tersebut. Tubuh wanita memiliki lekukan yang tidak dimiliki kaum adam. Banyak sekali artis baik penyair maupun pelukis menggambarkan keindahan tersebut. Anda harus bersyukur dengan menanamkan pikiran bahwa anda cantik baik secara lahir maupun batin.

Ada sebagian wanita yang merasa dirinya kurang cantik dan melakukan operasi plastik dibagian tubuh atau wajah tertentu. Karena tergiur artis luar negeri yang cantik jelita, tidak sedikit orang yang rela menjadi kelinci percobaan dengan iming-iming harga murah untuk mengubah hidung pesek mereka menjadi mancung. Bibir yang tipis alami kemudian setelah keluar salon menjadi sensual seperti Angelina Jolie dan Sandra Bullock. Dagu yang sudah proporsional dengan bentuk muka tiba-tiba berbelah seksi. Pipi diubah kencang seperti kue bakpao. Semua dilakukan untuk tampil cantik.

Setelah beberapa saat apa yang terjadi? Semua yang dijanjikan jauh dari kenyataan. Hidung, bibir, dagu, pipi menjadi aneh dan tidak proporsional. Buatan manusia tidak sesempurna buatan Tuhan, bukan? Hidung jadi seperti sarang tawon, bibir jadi mirip gantungan baju. Bukannya cantik malah semua jadi serba aneh. Mungkin untuk wanita berduit, masalah seperti itu tidak akan terjadi karena mereka sudah pastilah memilih dokter yang bertarif dolar. Tapi bagi wanita yang merasa kurang dan ber budget kurang, alangkah lebih baiknya tidak mencoba salon-salon liar untuk mengubah bentuk fisik anda.

Coba lihat semuanya lebih dekat. Tanpa perawatan nekat dan ekstrim, kita pun bisa menjaga agar tetap cantik. Dengan memilih-milih busana yang sesuai, make-up yang natural, serta perawatan alami yang bisa dilakukan sendiri. Dan satu yang harus dipahami, setiap wanita itu cantik. Cantik hampir selalu diidentikkan dengan kecantikan fisik. Padahal kecantikan hati itu juga penting untuk wanita. untuk itu syukurilah apa yang ada pada kita.

Berbagai Macam Penilaian Kategori Cantik

Oke…, para wanita, sekarang pandanglah wajah Anda! Bagaimana? Tak usah susah atau bersedih hati, karena sebenarnya ada beberapa macam kecantikan yang bisa Anda telusuri. Galilah dan temukankah, barangkali kecantikan lain yang Anda miliki malah lebih dahsyat dan menggetarkan para lelaki.

1. Cantik Alami

Kecantikan alami terpancar dari wajah wanita walau dia tidak berdandan. Bersyukurlah wanita yang memiliki kecantikan alami. Tanpa polesan apa pun, dia cantik dan menarik. Para lelaki pun dengan selalu terpesona memandang wajahnya. Kaum hawa lainnya pun pasti mengakui juga kecantikannya. Beruntunglah, tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, cukup berbedak dan berlipstik saja, dia sudah bertambah memesona.

2. Cantik Bodi

Anda langsing atau gemuk? Tinggi atau pendek? Atau Anda berbodi gitar atau senar? Berbodi biola atau bola? Atau malah berbodi gong? Ada juga lho istilah sadis tentang bodi, “kutilang darat” (kurus-tinggi-langsing-dada rata). Hahaha…, jangan tersinggung bila Anda termasuk yang berbodi tidak sempurna, karena saya pun tidaklah sempurna pastinya jelas sekali itu…(sambil memandang diri di depan cermin neh tapi saya Pe De Aje Lagie ^_^)

3. Cantik Buatan

Wah, kalau cantik buatan ini berlapis-lapis tingkatannya dan berjenis-jenis macamnya. Ada wanita berhidung pesek, biar cantik, memakai make up dengan trik tertentu untuk membuat hidungnya berkesan mancung. Ada pula yang pergi ke salon kecantikan yang menjanjikan hidung mancung. Yang banyak kocek, pergi ke ahli bedah plastik untuk operasi pemancungan hidung. Dan masih banyak lagi bagian wajah yang ingin dipermak, seperti membuat lesung pipit di pipi, mengencangkan pipi, memancungkan dagu, dan lain sebagainya.
Bodi pun kadang diotak-atik. Biar perut tidak gendut, sedot lemak. Biar payudara aduhai, dioperasi plastik. Hanya saja, trik-trik buatan ini perlu perhatian khusus dan ekstra.
Tapi apesnya, walau sudah diserahkan pada ahlinya, masih ada juga yang kecolongan. Akhir November 2009, mantan Miss Argentina 1994, Solange Magnano(38 tahun) meninggal setelah menjalani bedah plastik dalam rangka merampingkan dan mengencangkan pantat. Cukup tragis!

4. Cantik Kelakuan

Pernahkah Anda mendengar celoteh orang seperti berikut?
Cantik-cantik kok judes!
Cantik sih…, tapi pelit!
Mentang-mentang cantik, sombong!
Dia cantik, tapi kecantikannya dimanfaatkan untuk merayu dosen biar dapat A.

Walagh jangan sampai diri kita malah dipergunjingkan seperti itu? Pasti engga pengen banget kan, dan pastinya Anda memilih dikatakan seperti ini:

Wajahnya sih biasa saja, tapi sopan dan pintar.
Dia tidak cantik, tapi menarik dan baik hati.
Di balik wajahnya yang tidak cantik, tersembunyi kecantikan tingkah laku yang luar biasa.
Wajahnya lumayan sih …, tutur kata dan kelakuannya menyenangkan hati.

Akan luar biasa jika banyak orang mengatakan:
Sudah cantik, baik hati pula.
Wah…, dia cantik, pandai, dan terpuji tingkah lakunya.
Anak itu cantik dan tidak pelit.
Gadis itu cantik, tapi dia tak pernah menjadikan kecantikannya untuk memperalat orang lain.

Nah…, bagaimana menurut pendapat Anda? Para lelaki harus berhati-hati dalam memilih wanita. Cantik tapi nol besar kelakuannya buat apa? Anda pasti kecewa jika bersanding dengannya. Apalagi dalam berumah tangga, yang dibutuhkan adalah wanita yang baik kelakuannya, serta tahan banting menghadapi segala kemelut dan persoalan yang ada….(sedikit lebay engga seh)

Bagi yang memiliki anak tidak cantik, besarkanlah hatinya dan berjuanglah terus agar dia memiliki kedahsyatan-kedahsyatan lainnya agar dia menjadi menarik dan hebat.

5. Cantik Karier

Wanita dapat juga mempercantik kariernya untuk membuat dirinya menarik. Jika wajah Anda standar-standar saja, fokuskan pada peningkatan karier agar Anda memperoleh nilai plus. Di sini diperlukan kecerdasan otak Anda agar karier cemerlang dan terlihat banyak orang.

Ada golongan kaum lelaki yang berselera dengan wanita-wanita berkarier mapan dan bagus. Namun bagi ibu rumah tangga yang tak bekerja, jangan berkecil hati. Tunjukkan prestasi Anda mendorong suami dan anak-anak menjadi maju dengan seluruh kekuatan hati dan pikiran.
Niscaya Anda juga cantik dalam mengemban tugas sebagai seorang ibu. Mari kita perjuangkan!

Oke…jika Anda yang merasa kurang cantik, jangan rendah diri. Masih ada kecantikan-kecantikan lain yang bisa Anda perjuangkan. Perjuangkanlah! Karena kecantikan bisa diusahakan dan diperjuangkan mati-matian. Hanya saja, kita harus waspada, kecantikan-kecantikan mana yang pantas kita perhatikan. Jangan sampai ingin cantik malah berbuah petaka.

Jika Anda berwajah cantik, tambahkanlah nilai-nilai positif lain agar kecantikan Anda diakui oleh banyak orang dengan tulus ikhlas. Jika berwajah standar dan biasa-biasa saja, galilah potensi-potensi lain dari diri, serta upayakan kelakuan baik Anda agar banyak orang menaikkan derajat Anda menjadi cantik.
Bagi yang merasa tidak cantik, tak usah minder! Perjuangkan dan selalu perjuangkan intan yang tersembunyi dalam diri Anda agar terlihat menarik. Hiasilah diri dengan kelakuan indah atau karier yang menawan.

Percaya diri dan yakinlah! Syukuri segala karunia Tuhan karena baik adanya. Jangan khawatir, lelaki masa kini cerdas dalam memilih pasangan hidupnya. Ya…, mereka sangat hati-hati memilih wanita. Wanita cantik belum tentu meruntuhkan hati mereka…hehehe sepakat deh..