MENGGALI POTENSI DARI SEBUAH REUNI


Setelah sekian lama berpisah, mengadakan ajang kumpul-kumpul bersama dengan sejumlah kawan di acara reuni memang sering menjadi momen untuk merekatkan kembali tali silaturahim yang mungkin telah kendur karena jarangnya berkomunikasi atau tetap menjalin komunikasi hanya melalui sosial media, maka melalui reuni dapat menjadi ajang untuk bersosialisasi langsung agar dapat memperbarui citra seseorang guna tampil lebih percaya diri baik dari segi fisik maupun emosional.

Seorang teman kita yang dulu begitu pintar dan menjadi bintang kelas, namun setelah sekian tahun dalam rentang waktu yang cukup lama, keadaannya tidak seperti dulu lagi, tertinggal dengan nasib yang tidak menentu atau beragam masalah lainnya akan ragu untuk datang ke acara reuni, namun sesungguhnya dengan adanya reuni akan memompa semangat untuk bangkit kembali dari segala keterpurukan.

Reuni kerap diidentikkan dengan kegiatan hura-hura, ketawa ketiwi, maka tidak heran sebagian orang memandang sebelah mata dan mengatakan begitu-begitu saja, bahkan ada yang reuni pertama lengkap, reuni kedua dan selanjutnya semakin berkurang pesertanya, mengapa? Itu semua karena reuni itu tidak ada manajerialnya , jika di kelola dengan benar oleh salah seorang anggota yang berpengalaman dalam manjerial maka tidak mustahil kunci sukses akan diraih dalam sebuah reunian.

Dalam sebuah penelitian juga pernah diungkapkan mengenai berbagai manfaat dari kegiatan berkumpul bersama teman-teman pada saat ada kegiatan reuni. Ternyata dengan sering mengadakan kegiatan santai seperti reuni, maka Anda dapat berumur panjang, bahkan dalam penelitian tersebut ditemukan kemungkinan kematian dini bagi seseorang akan berkurang sebesar 50 persen jika dikelilingi oleh banyak teman-teman atau saudara jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial.

Peneliti juga menyimpulkan, Beban masalah seseorang dapat berkurang termasuk masalah kesehatan seperti tekanan darah, gula darah, metabolisme, dan stres hormonnya akan lebih stabil karena adanya dukungan emosi yang berasal dari teman-temannya terlebih dalam reuni itu hadir bintang idola yang cantik or ganteng, Kenapa? Biasa dalam satu kelas semuanya jatuh hati pada orang yang sama tetapi tidak berani mengungkapkannya, o la la, itu rahasia kita bersama ha ha.

Peran utama dari seorang manajerial reuni , sebisa mungkin menghadirkan sang idola tersebut dan diberi kesempatan yang ideal agar bisa menyapa seluruh teman-teman reuni yang hadir dan berbuat sesuatu yang menggugah teman-teman kita karena dari sekian banyak yang hadir dalam menjalani segala aktifitas kesehariannya tidak semuanya sukses, maka ajakan seperti; ayo kita berbuat, ayo kita berbagi, yang sukses berkenan berbagi kunci rahasia kesuksesannya atau mengajak joint dalam usahanya dan menekankan; kalau bukan kita siapa lagi? Kita semua ini adalah satu alumni. Jika hal tersebut mampu dilakukan, dijamin reuni akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.


Melalui tulisan ini, Saya berupaya untuk menyemangati dan berharap pembaca merasa nyaman dan bisa menyimpulkan; ada nilai yang termuat, ada lisan yang tertata dan ada harapan untuk bangkit bersama menggali potensi dari sebuah Reuni, Semoga.

Abunawar Bima