KALATE NDIRA, WISATA ALAM BIMA YANG MENAKJUBKAN


Jika anda petualangan alam sejati, Wisata Alam ‘Kalate Ndira’ pastinya anda akan tertantang untuk segera mengunjunginya, Tempatnya yang tersembunyi dan terpencil, sehingga banyak masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Bima sendiri belum banyak yang mengetahuinya. Pesona alam yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memburunya.

Wisata alam yang masih tergolong perawan ini, memiliki medan jalan yang sangat berat dan anda harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan karena kondisi jalan masih belum bagus, apalagi musim hujan banyak yang tergelincir karena jalan yang licin, tetapi rasa lelah dan capek anda semuanya akan terbayar begitu tiba di lokasi, karena anda akan disambut serta dimanjakan dengan hamparan pesona alam yang sungguh menakjubkan membuat anda betah berlama-lama disini.

Berdasarkan cerita Masyarakat setempat, Kalate berarti batu besar sedangkan Ndira berarti rata jika digabungkan Kalate Ndira memiliki makna batu besar yang berbentuk rata, dan memang, di tempat ini banyak bebatuan alami dan juga terdapat air terjun yang meluncur dari ketinggian 10 meter, dan tepat dibawah titik air terjun tersebut terbentuk sebuah kolam alami yang luas dengan air yang sangat jernih, memancing anda untuk segera berenang sembari menikmati merdunya kicauan burung dari rindangnya berbagai pohon sekitarnya.

Jika anda tertarik mengunjungi Wisata alam yang berada di Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini, Bisa ditempuh dari Kota Bima menuju Desa Sie, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Dusun Diha. Selanjutnya dari Dusun Diha anda harus berjalan kaki sembari menikmati indahnya pemandangan sawah sekitarnya dan semangat anda pun akan terus bertambah karena dari tempat ini sudah terdengar suara gemuruh air terjun sehingga memancing anda untuk segera tiba di lakasi.

Wisata Alam ‘Kalate Ndira” Adalah salah satu Wisata yang sangat menjanjikan dan patut untuk dikembangkan karena pesona alamnya yang menakjubkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Daerah Bima, Untuk itu Pemerintah Daerah Bima harus lebih serius menangani prasarana atau faktor pendukung lainnya agar akses menuju Wisata alam ini lebih lancar, Colek Pemda Bima.

Abunawar Bima

abunawarbima@gmail.com