BUNGA YANG MELAMBANGKAN KEABADIAN ADA DIGUNUNG RINJANI



Gunung Rinjani, Syurganya Bunga Edelweiss, Ada apa di sana? Selain alamnya yang indah, gunung yang bisa dikategorikan sebagai primadona para pendaki itu menyimpan satu kekayaan alam yang elok untuk dilihat, yakni hamparan bunga edelweiss. Gunung setinggi 3.726 mdpl ini ini menyimpan begitu banyak keindahan di mana bunga edelweiss adalah satu di antara keindahan yang akan ditemui di Gunung Rinjani.



Selain gunung Rinjani, bunga edelweiss sebenarnya juga dapat dilihat di Tegal Alun (Gunung Papandayan), dan Alun-alun Surya Kencana dan Mandalawangi (Gunung Gede Pangrango). Bunga tersebut dijuluki sebagai bunga abadi karena tetap tumbuh di atas gunung yang tingginya ribuan meter di atas permukaan laut. Bunganya kecil berwarna putih, dan bunga keringnya dapat bertahan lama dan melambangkan keabadian.

Untuk mendapati hamparan bunga edelweiss di Gunung Rinjani, para pendaki perlu melewati jalur Sembalun Lawang. Bunga edelweiss akan mulai terlihat dari sekitaran Pos 3 Pada Balong ketinggian sekitar 1.800 Mdpl. Semakin mendekati camp area di Plawangan Sembalun, bunga ini akan semakin banyak ditemui. Mengingat adanya pemandangan yang indah, perjalanan turun dari Puncak Rinjani sebaiknya dilakukan saat hari telah benar-benar terang sehingga nantinya dapat melihat hamparan keindahan bunga Edelweiss yang indah.

Mengagumi keindahan alam Gunung Rinjani Lombok


Gunung Rinjani merupakan gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani, Lombok merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang berada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 m dpl. Gunung ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Tengah, Lombok Timur danLombok Barat. Gunung Rinjani di sekelilingi oleh Hampir lebih dari 20 desa, dan tentunya memiliki bayak sekali rute menuju gunung tersebut. Namun, pintu masuk utamanya adalah melalui sembalun lawang dibagian timur dan senaru di bagian utara.

Gunung yang meiliki Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C adalah gunung yang banyak dikunjungi dan didaki oleh para pencinta alam, Penduduk lokal, serta mahasiswa. Umumnya para pendaki ini ramai mengunjungi gunung Rinjadi pada bulan juni sampai dengan agustus. Orang-orang Lombok percaya jika dipuncakn gunung ini ada tempat bersemayam Dewi Anjani Ratu Jin dan penguasa rinjani. Di sebelah selatan timur puncak gunung ini terdapat hamparan debu yang dinamakan segara muncar yang katanya adalah istana gaib Ratu Dewi Anjani dan para pengikutnya, akan tetapi mereka adalah para jin yang baik.

Selain mendaki sampai puncak, tempat yang banyak di kunjungi yaitu Segara Anakan, sebuah danau kawah yang ada di ketinggian 2.000 mdpl. Jika ingin mencapai lokasi ini anda dapat mendaki dari desa Sembalun Lawang atau desa Senaru. Danau segara anakkan adalah danau yang sangat luas terlihat seperti laut biru. Nama segara anak sendiri memiliki arti anak laut. Danau ini di percaya banyak menyimpan berbagai misteri dan kekuatan gaib. karena banyaknya arwah-arwah yang misterius yang mendiami tempat di sekitar danau ini umunya orang-orang akan merasa senang jika tinggal berlama-lama di tempat ini. Penduduk setempat percaya jika danau terlihat luas dari kejauhan itu tandanya mereka hidup lebih lama tetapi jika danau terlihat sempit dari kejauhan itu tandanya mereka berumur pendek. Di area danau ini sangat dilarang untuk melakukan hubungan seksual, berkata kotor atau marah.

Di gunung Rinjani ini terdapat berbagai tumbuhan diantaranya yaitu local strawberry dan edelweis atau bunga ke abadian. local Strawberry merupakan Jenis tanaman yang tumbuh disepanjang jalan menuju rinjani, tanaman ini memiliki buah berwarna merah dan berduri seperti mawar. Buah ini seperti strawberry rasanya manis dan sedikit asam . buah ini baik untuk di konsumsi untuk para pendaki yang kehausan atau kelaparan. Sedangkan tumbuhan Edelweis atau Bunga Keabadian adalah Tanaman dan bunga yang tidak boleh untuk di petik atau di bawa pulang, karena tumbuhan ini hanya tumbuh di sekitar taman dan di alam kerajaan roh gaib. Bunga tidak akan pernah layu dan tua karena terisi oleh arwah misterius maka dari itu di namakan bunga ke abadian.

Kunjungan Turis ke Rinjani Akan Terus Meningkat


Wisatawan yang mendaki Gunung Rinjani (3.726 meter di atas permukaan laut) diperkirakan terus meningkat, meskipun Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sempat mengeluarkan larangan mendaki gunung tersebut, 10 Januari hingga 31 Maret 2013 lalu.

Kepala Tata Usaha Balai TNGR, mengatakan Gunung Rinjani merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Setiap tahun gunung itu selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun nusantara.

Ia mengatakan, jumlah wisatawan minat khusus yang berkunjung ke Gunung Rinjani selama 2011 tercatat 15.020 orang, sebanyak 8.778 orang di antaranya wisman dan 6.252 orang wisnus, sedangkan pada 2012 tercatat lebih dari 16.000 orang.

Setiap bulan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Rinjani telah mencapai 1.660 orang. Dalam setahun gunung tertinggi ke dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera Barat (3.800 meter dpl) hanya bisa didaki selama sembilan bulan. Hal ini diberlakukan oleh pengelola wisata untuk menjamin keselamatan para pendaki dari ancaman cuaca buruk.