SEPUTAR KESEHATAN MATA



Sembuhkan Katarak dengan Makanan Lezat Ini

Katarak adalah penyakit yang menyerang mata, dengan gejala mengaburnya penglihatan akibat lensa mata mengeruh. Umumnya katarak terjadi seiring bertambah lanjutnya usia seseorang, atau akibat faktor keturunan.

Gejalanya berlangsung perlahan dan lama, sehingga pengidap katarak kadang tak menyadari. Saat penglihatan telah menjadi kabur, penyakit katarak baru disadari oleh penderita.

Awalnya penderita akan merasa sering gatal di daerah mata, keluar air mata tanpa sebab, dan rabun saat malam hari atau tak silau terhadap cahaya.

Untuk mencegah dan mengobati derita katarak, berikut adalah jenis makanan yang mampu membantu menyehatkan mata anda :

Jus wortel
Jus wortel kaya vitamin A yang jelas baik untuk mata Anda. Ini juga berlaku bagi pengobatan penyakit katarak, sehingga dianjurkan penderita minum jus wortel 1 kali sehari hingga gejala berkurang.

Adas manis
Adas umumnya digunakan sebagai bumbu masak. Namun manfaat lain dari adas manis ternyata dapat juga untuk mengobati penyakit katarak. Konsumsi sekitar enam gram per 2 hari dan Anda bisa lihat perubahan pada kondisi katarak.

Bawang putih
Bawang putih memiliki sangat banyak manfaat, dan salah satunya adalah sebagai obat penyakit katarak. Bahan antioksidan serta antibiotik dalam bawang putih mentah yang membantu penyembuhan penyakit tersebut. Makan saja bawang mentah 2-3 butir setiap hari untuk membantu proses penyembuhan.

Labu kuning
Buah ini juga kaya vitamin A, juga betakaroten dan antioksidan. Konsumsi secara teratur setiap hari untuk hasil terbaik.

Bayam
Sayur hijau ini pun bermanfaat baik untuk kesehatan mata karena antioksidan, karotenoid dan berbagai nutrisi yang sekaligus menyehatkan tubuh Anda.


Memandangi layar monitor terus menerus, pada akhirnya divonis menderita penyakit katarak di usia 30-an.

Anda pengguna komputer atau laptop yang keseharian berjam-jam memandangi layar monitor, sebaiknya berhati-hati menjaga kesehatan mata. Telah ada beberapa kasus pekerja yang kesehariannya memandangi layar monitor terus menerus, pada akhirnya divonis menderita penyakit katarak di usia 30-an.

Katarak memang biasanya diidap oleh orang yang berusia telah lanjut. Bila ada orang muda yang mengidap penyakit ini, maka bisa jadi disebabkan oleh seringnya mata melakukan kontak langsung dengan cahaya dan radiasi, ultraviolet, atau gelombang mikro dan inframerah.

Gejala awal dari katarak adalah mata menjadi berkabut saat memandang objek, buram, lensa mata juga perlahan terlihat keruh, dan akhirnya penglihatan terganggu karena cahaya tak bisa mencapai retina. Akibatnya, akomodasi mata melemah hingga menjadi katarak.

Mengapa monitor komputer dan laptop bisa berakibat buruk bagi mata dalam porsi yang berlebihan?

Pertama, karena tingkat kecerahannya (Brightness) yang tidak pas dengan kondisi mata sehingga otot mata lekas lelah akibat bekerja lebih keras. Cari tingkat kecerahan yang paling pas bagi mata Anda, untuk mencegah mata lelah.

Kedua, cahaya kamar atau ruangan yang Anda gunakan untuk beraktifitas di depan laptop juga seebaiknya nyaman. Jangan terlalu gelap, juga tidak berlebihan terangnya. Jika tidak nyaman, terlalu kontras juga bisa akibatkan mata lelah.

Ketiga, monitor yang tidak berkualitas atau memakai komponen VGA yang baik, dapat membuat mata lekas lelah. Jarak dari mata ke monitor sebaiknya lebih besar dari 30 cm.


Keempat, istirahat dalam selang waktu 30 menit. Jika memandang monitor terus menerus tanpa jeda atau istirahat maka kemungkinan mata menderita penyakit makin besar. Mata pun kering serta bisa perih iritasi. Alihkan pandangan ke objek yang jauh, gerakan bola mata, serta gunakan tetes mata jika mata terasa perih. Itu untuk mengantisipasi keluhan atau gangguan mata lain yang lebih parah.

6 Langkah Sederhana Untuk Melindungi Kesehatan Mata




Untuk menjaga kesehatan mata, ada banyak hal yang perlu kita cermati. Berikut ini enam panduan untuk melindungi kesehatan mata :

1. Makanan sehat untuk mata
Makanan memberikan dampak besar pada kesehatan tubuh, begitu halnya untuk mata. Makanan yang memiliki kandungan Asam Lemak Omega Tiga, Lutein, Zink, serta Vitamin A, C, serta E dapat membantu memperjelas penglihatan serta mengurangi problem mata akibat penuaan, degenerasi makula, serta katarak.

2. Hati-hati saat menggunakan komputer
Beberapa orang kerap alami Computer Vision Syndrome, yakni situasi sesaat yang dikarenakan pemakaian komputer dalam kurun waktu lama. Gejalanya seperti capek pada mata, sakit kepala, penglihatan tidak jelas, mata kering, sulit konsentrasi melihat pada jarak spesifik, sakit pada leher, punggung, serta bahu.

Baiknya, saat menggunakan komputer kurun waktu lama, pastikan ketajaman layar membuat mata anda nyaman atau pakai kaca anti silau pada layar komputer. Disamping itu, banyak minum serta berkedip juga bisa untuk menghindarkan dari kekeringan pada mata.

Luangkan waktu untuk beristirahat tiap dua jam serta palingkan mata dari komputer sepanjang 20 detik tiap 20 menit sekali. Pastikan jarak mata serta layar komputer cocok dengan kondisi mata.

3. Pakai kacamata
Membuat perlindungan mata dari cahaya UV saat ada di luar ruangan, manfaatkanlah kacamata yang dapat mencegah 99% cahaya UV A serta UV B dikarenakan cahaya tersebut menambah risiko katarak serta degenerasi makula.

4. Berhenti merokok
Studi tunjukkan, merokok bisa menambah risiko degenerasi makula, katarak, serta rusaknya saraf optik.

5. Janganlah pakai alat make-up yang telah lama
Pastikan anda buang seluruh alat make-up yang telah berumur kian lebih enam bulan. Pakai kuas rias spesial serta janganlah pakai kuas yang sama juga dengan teman dikarenakan dapat mengakibatkan infeksi.

6. Teratur periksa mata
Kunjungi dokter mata dengan teratur untuk mengetahui situasi mata serta mendeteksi kemungkinan penyakit pada mata.