DESA SEMBALUN LAWANG, PINTU GERBANG MENUJU PUNCAK RINJANI


Sembalun Lawang merupakan sebuah desa di kaki Gunung Rinjani. Desa kecil ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan merupakan salah satu jalur populer pintu gerbang pendakian ke Gunung Rinjani.

Desa Sembalun Lawang menjadi favorit untuk mulai pendakian karena waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak Gunung Rinjani jauh lebih singkat. Untuk sampai ke sini memerlukan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Mataram.

Selain menyuguhkan hijaunya pepohonan dan vegetasi pegunungan, Desa Sembalun nyaris dikelilingi oleh tebing – tebing batu yang megah dan kemiringannya mencapai 90 derajat. Selain itu, udara segar pegunungan juga akan membuat Anda semakin nyaman di sini.

Sebagai pintu gerbang pendakian ke Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang menjadi tempat untuk singgah bagi pendaki sekaligus melakukan persiapan. Di sini terdapat Posko Rinjani Information Center Sembalun yang menjadi pusat informasi sekaligus tempat pendaftaran untuk para pendaki.

Di sini juga banyak terdapat penginapan. Jika tidak yakin mendaki sendiri, porter handal yang bisa merangkap sebagai koki selalu siap untuk mengantarkan Anda ke Pundak Rinjani atau Danau Segara Anak.



Desa Sembalun Lawang terletak di ketinggian 1156 meter dpl. Desa ini adalah titik permulaan pendakian ke Rinjani dan Danau Segara Anak. Jarak tempuh melewati jalur ini sekitar 2 jam. Di sepanjang jalur, Anda harus melewati savanna dan jalan setapak naik turun yang berliku. Anda juga harus menyeberangi jalur lahar dingin beberapa kali.

Pos 1 terletak di ketinggian 1300 meter dpl. Pos ini berupa pondok tanpa lantai yang berada di tengah padang rumput. Di sini tidak adasumber air. Perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 memerlukan waktu sekitar 1 jam. Di jalur ini, Anda akan melewati padang rumput, aliran lahar, dan sungai kering dengan kondisi jalan mulai menanjak.


Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani

Plawangan terletak di ketinggian 2639 meter dpl yang berupa dataran yang cukup luas. Tempat ini juga biasa digunakan untuk mendirikan tenda sebelum sampai di puncak Rinjani. Dari sini pemandangan Danau Segara Anak terlihat jelas.

Jalur ini dapat ditempuh sekitar 3 jam melewati tanjakan yang curam. Saat mendekati puncak, tanah yang berpasir membuat jalur ini licin dan berdebu.

Sumber : www.yukpegi.com