KEHIDUPAN RAMAH LINGKUNGAN DI DESA CALABAI DOMPU NTB



Jika Anda selama ini dimanjakan dengan kehidupan modern, di desa ini Anda dapat merasakan suasana yang berbeda. Listrik di kawasan desa ini masih terbatas. Penduduk setempat hanya dapat menikmati listrik mulai pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi.

Pada siang hari, listrik tidak ada. Dengan demikian, Anda dapat merasakan suasana kehidupan desa yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Lokasi desa yang terletak di sebelah utara semenanjung Tambora ini membuat Desa Calabai memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Hampir di setiap titik Anda dapat melihat kecantikan alami dari alam.


Di sisi barat, Anda dapat melihat keindahan laut biru yang mempesona. Di sebelah timur berdiri gagah gunung Tambora yang dikenal dengan kaldera terluasnya. Di saat pagi, Anda dapat melihat matahari terbit dengan indah dari balik gunung ini.

Saat berjalan - jalan di pantai, Anda dapat mencoba ikut nelayan mencari ikan. Selain mencari ikan dari atas perahu, nelayan tersebut juga mencari ikan dengan menggunakan benda semacam parang dan memanah ikan yang diburu sambil menyelam. Hal ini tentu cukup sulit, apalagi jika belum terbiasa. Namun, Anda dapat mencobanya untuk menambah pengalaman liburan Anda.


Calabai terletak di kecamatan Pekat, Dompu, Sumbawa, NTB. Letaknya cukup jauh dari kota sehingga memerlukan waktu perjalanan yang cukup lama untuk mencapai desa ini. Dari Dompu, perjalanan darat memerlukan waktu sekitar 4,5 - 5 jam.

Anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai di desa ini. Namun, jika Anda ingin lebih hemat, Anda dapat menggunakan bus jurusan Dompu - Calabai. Bus ini hanya berangkat 2 kali dalam sehari yaitu pada pukul 6 pagi dan 2 siang.

Tetapi jika Anda berada di Bima, tidak ada bus yang langsung ke desa ini. Anda harus mencari bus terlebih dahulu menuju Dompu, baru mencari bus tujuan Calabai. Lama perjalanan dari Bima ke Desa  Calabai sekitar 6 jam dan sekitar 8 jam perjalanan dari Sumbawa Besar.

Jika Anda di kota Mataram yang berada di pulau Lombok, perjalanannya memang lebih lama. Namun ada bus yang langsung menuju ke Calabai. Anda bisa naik bus Sari Rejeki rute Mataram - Calabai dari Terminal Bertais.

Bus ini hanya berangkat sekali dalam sehari yaitu pada pukul 9 pagi. Anda harus menyeberang pulau Lombok menuju ke Sumbawa dan melanjutkan perjalanan darat sampai di Calabai. Biasanya bus ini akan sampai di Calabai pukul 6 pagi.