PENTINGNYA MENGGUNAKAN JEMBATAN TIMBANG


Kelapa sawit merupakan hasil perkebunan dan diolah atau di proses di pabrik pengolahan sawit secara professional kemudian dikomersialkan dalam negeri maupun di ekspor ke keluar negeri.

Proses produksi dari hulu ke hilir, Selain menjaga kwalitas maupun kwantitas diperlukan juga hasil penimbangan yang akurat sebagai acuan kuantitas dalam perhitungan komersialnya. Keakuratan penimbangan akan membawa citra baik bagi Perusahaan hingga menumbuhkan kepercayaan konsumen. Dengan demikian, jembatan timbang mutlak diperlukan sebagai perangkat atau aset yang diperlukan dalam mendukung kinerja maupun kelancaran bisnis dari pelaku usaha.

Beberapa timbangan berikut ini, bisa dijadikan acuan atau bahan pertimbangan dalam memenuhi kebutuhan perangkat/aset Perusahaan, sebagai berikut :

1. Jembatan Timbang (Weigh-bridge)
Jembatan Timbang (Weigh-bridge) memiliki model mirip dengan filosofi jembatan layang yang digunakan adalah sistem knock-downed (bongkar pasang); konstruksi ini sangatlah rigid (Kaku), tersegmen dengan distribusi beban merata, lebar gross 3,2 meter-3,4 meter dengan nett 3 meter, merata dan safety overload lebih tinggi (120-150%), memiliki main beam (kiri-kanan), terdiri dari modul-modul platform yang dirakit - 1(satu) modul terdiri dari beam cross dan beberapa beam support, serta tiap modul terikat baut baja (HTB) dengan main beam. Menggunakan pondasi khusus dengan sloof-strauss bored, dengan tumpuan loadcell masing-masing Pembelian asset karena dipakai untuk jangka panjang (puluhan tahun), bisa direkondisi, perbaikan per modul, sistem knock-downed dan konstruksi rigid (kaku). Ketelitian dan toleransi baik & tinggi (0,1% dari rated capacity (Always “ GEWINN”)

2. Portable dan Moveable Truck Scale
Model protable dan movable cocok digunakan untuk kebutuhan kepentingan timbangan tidak permanen, rencana akan dipindah - pindah dan menghemat biaya pondasi sipil, Tidak menggunakan pondasi khusus, jadi langsung diletakkan di lantai concrete , terdiri dari double frame, dimana diatas terdiri dari platform, dan frame Bawah sebagai lantai kerja. Umumnya untuk dipindah-pindah langsung, sehingga menghemat biaya pondasi sipil khusus namun perlu setting level setiap timbangan Portable & Moveable dipindahkan dan secara Life-Time akan kalah dibandingkan dengan Jembatan Timbang. Ketelitian dan toleransi baik & cukup tinggi (0,1-0,2% dari rated capacity) (Always “ GEWINN”)

3. Platform Truck Scale
Platform disambung dan dibuat permanen seperti platform rata seperti timbangan lantai, umumnya lebar nett dan gross sama hanya 3 meter, diimpor dari China dengan aplikasi menggunakan pondasi, konstruksi frame standar dengan tumpuan - loadcell lebih banyak, Tidak ada main beam untuk support modul dikarenakan sudah sistem sambung dan permanen dimana distribusi beban berdasarkan beban muatan aksial, terdiri dari 1 frame dan landasan pondasi, dengan safety overload dengan batas kapasitas rating. Pembelian sebagai peralatan atau alat kerja, lifetime sesuai penggunaan. Ketelitian dan toleransi baik & cukup tinggi (0,1% dari rated capacity)

4. Axle Weighing Pad (Portable Axle) Scale
Penimbangan truk berdasarkan ban roda (Axle) oer baris, hasil timbang akan dikumulatifkan sehingga hanya untuk mengetahui secara kasar (estimasi) hasil penimbangan. Menggunakan Pad@ 2 Set, diletakan sesuai sisi ban kiri dan sisi ban kanan dengan ukuran 700 mm x 430 mm x 30 mm Umumnya digunakan untuk estimasi atau perkiraan timbang, dengan ketelitian 3% dynamic sehingga tidak sesuai untuk penimbangan komersial.

Seberapa pentingkah menggunakan Jembatan Timbang?
Salah seorang yang masih tetap eksis dalam dunia timbangan, Bp. Andy Sultan yang kami temui beberpa pekan lalu mengatakan, Secara kepentingan bisnis, Jembatan Timbang sangat mendukung kelancaran operasional karena kontrolnya yang akurat, cepat dan tepat terhadap jumlah barang yang mengirim maupun yang menerimanya.

Kalau menghitung secara manual, lanjut Andy, tentu saja memerlukan waktu, tenaga dan sangat melelahkan, tetapi melalui timbangan, dalam waktu sangat singkat, langsung mengetahui jumlah/berat dengan sangat akurat, waktu, tenaga yang diperlukan cukup praktis, jelas Andy.

Dari segi bisnis, Ada banyak manfaat yang yang akan didapatkan dan secara terperinci bisa saja saya jelaskan semuanya, namun waktu anda akan tersita banyak kata dia, tetapi tenang saja, Saya bersedia kapan dan dimanapun untuk mempresentasekan langsung secara gamblang pada management atau pihak terkait agar lebih memahami betapa pentingnya timbangan ini, Pungkasnya.

Contact Andy Sultan : Hp. 081288976673
Abunawar Bima

abunawarbima@gmail.com