TANAH PUTIH, BERBENAH UNTUK MENJADI JUARA


Masyarakat Tanah Putih Sape secara gotong royong dan dengan semangat yang penuh kekompakan merias desa mereka hingga terlihat Bersih, Indah dan Menawan. Kesiapan Aparat desa sangat serius, hal itu terlihat ketika Tim Penilai yang diketuai oleh Drs. Sirajuddin berkunjung ke Desa Tanah Putih, Senin (27/03/2017) disambut dengan antusias dan attraksi kesenian yang sangat meriah.

Kades Tanah Putih, Khaeruddin, S.Hut menjelaskan, bahwa Tanah Putih dengan luas wilayah 1.720 Ha, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.444 Jiwa yang terbagi dalam 384 Kepala Keluarga, tersebar di tiga dusun.

Tanah Putih lanjut Khaeruddin, memiliki sejarah panjang dan setiap huruf dari nama desa memiliki makna tersendiri yaitu T: Taqwa, A:Amanah, N: No Narkoba, A: Aman dan H: Humanis. Sedangkan pada kata Putih adalah P: Pacu Pembangunan, U: Ulet atau tidak mudah putus Asa.T: Taat, I: Indah dan H: Hikmah atau bijaksana. Silakan Anda menggabungkannya sendiri , namun yang pasti kami ingin membangun peradaban Desa Tanah Putih sesuai makna-makna yang terkandung dalam kata-kata tersebut, imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim penilai, Drs Sirajuddin AP, MM menjelaskan, Sesuai Kepmendagri Nomor 81 tahun 2015, ada 14 indikator penilaian dalam lomba desa tahun 2017 ditambah dua indikator yang terbaru baru yaitu siaga bencana dan pemanfaatan tekhnologi informasi atau e government.

Lebih lanjut Sirajuddin mengatakan, Pemerintah desa dan masyarakat dituntut kesigapannya dalam menghadapi bencana, se iring dengan seringnya terjadi berbagai bencana, untuk itu kesigapan menghadapi bencana menjadi salah satu unsur penilaian. Demikian juga dengan penerapan tekhonologi informasi, mutlak diperlukan dalam rangka publikasi dan transparansi program dan kegiatan pembangunan di desa, Pungkasnya (AB)


abunawarbima@gmail.com